Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga, Ignatius Luti menghimbau warga waspada virus Zika. Foto : ruzi

LINGGA, SIJORITODAY.com— Terkait sudah menyebarnya virus zika di negara tetangga Singapura membuat masyarakat Kepulauan Riau yang berbatasan langsung dengan negara tersebut harus  waspada.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga, Ignatius Luti menghimbau pada masyarakat Kabupaten Lingga agar until sementara tidak bepergian ke negara tersebut.

“Sampai saat ini masih belum ada virus zika masuk ke Kepri. Tapi karena kasus sudah banyak terjadi di Singapore kita tetap harus waspada,” ungkapnya, Jum’at (02/08).

Sementara itu, untuk upaya pencegahan sama dengan pada penanganan kasus malaria dan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang pernalah dilaksanakan dinas kesehatan Kabupaten Lingga.

Dikatakannya, untuk penyuluhan kepada masyarakat Kabupaten Lingga dapat dilakukan oleh masing-masing puskesmas di wilayah kerja masing-masing.

“Intinya sedapat mungkin mengurangi kontak dengan nyamuk. Upayakan untuk menghindari gigitan nyamuk. Untuk lingkungan yang jelas meniadakan genangan air disekitar lingkungan kita agar nyamuk gak bisa berkembang biak,” tutupnya.

 

Penulis : ruzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here