Warga Daik terpaksa mengunakan lilin akibat listrik PLN sering mati. Foto : ruzi

LINGGA, SIJORITODAY.com – – Akibat sering rusaknya mesin PLN Sub Rayon Daik yang berada di depan komplek perkantoran Pemkab Lingga, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, membuat sejumlah masyarakat konsumen  listrik dari PLN Sub Rayon Daik itu merasa kesal.

Ita (35) salah seorang warga Daik Lingga mengatakan, tak jarang PLN Daik melakukan pemadaman secara sepihak tanpa ada pemberitahuan pada masyarakat terlebih dahulu. Sehingga masyarakat tidak sempat melakukan mempersiapkan antisipasi pemadaman listrik tersebut.

“Lihat saja tadi pagi padahal jadwalnya malam yang mati lampu. Tapi pagi mati juga. Kan buat kami kesal saja. Kalau malam yang mati ya malam saja, siang jangan lagi,” sesalnya, Selasa (13/09).

Sementara itu, Kepala PLN Sub Rayon Daik Lingga, Jauhari Nainggolan mengatakan, pemadaman bergilir tersebut dilakukan akibat dari rusaknya dioda pada mesin generator.

“Sampai besok masih ada giliran. Dioda generator rusak. Sebagian alat sudah kita kirim dari Tanjungpinang. Alat dari Jakarta yang masih terkendala belum sampai,” ucapnya.

Jauhari membantah pemedaman terjadi akibat PLN kekurangan daya. Dijelaskannya untuk kapasitas mesin di PLN Daik masih cukup besar. Total kontrak dengan PT DKSP dan Kalimantan Sejatera Power Indo sebesar 1,7 Megawatt.

“Daya masih kuat. Yang kita gunakan dibeban tertinggi sekarang baru 1,4 Megawatt. Masih sangat cukup. Selain persoalan mesin, kendala kita musim angin kencang. Ada pohon tumbang yang mengganggu jaringan. Kita sama-sama tau jaringan PLN kita melintas di dalam hutan dan masih banyak pohon-pohon besar. Kemarin, kita juga sudah lakukan pemebersihan dilokasi-lokasi jaringan,” katanya.

Pemadaman bergilir sudah terjadi sejak hari Minggu (11/9) malam. Sejumlah wilayah di ibukota kabupaten Lingga mendapat jatah pemadaman listrik. Pemadaman berlangsung mulai pukul 05.30 WIB hingga 11.00 WIB malam.

Adapun jadwal pemadaman yang berlaku sejak Minggu (11/09) tersebut yakni, Trafo Panggak Laut, Trafo Pasar, Trafo depan dan belakang RSL, Trafo Tande, Trafo Gelam, Trafo Indosat, Trafo Sepincan, dan Trafo Resun.

Sementara untuk Senin (12/09) tadi malam, pemadaman dilakukan di Trafo Atoi, Kampung Tembaga, Kampung Siak, Kampung Mentok, Trafo Panggak Darat 1 dan 2, Trafo Bukit Cening, Trafo Melukap, Trafo Mading, Trafo Nerekeh, Trafo Musai, dan Trafo Sawin.

Untuk pemadaman malam ini, Selasa (13/09) akan dilakukan di Trafo depan PLN, Trafo Damnah, Trafo Merawang, Trafo Budus, Trafo Tanjung Buton, Trafo Kantor Bupati 1 dan 2, Kampung Tengah, Cenut, Kado, Malar, Kelumu, Penarik, Serteh dan Batu Kapak.

Begitu juga untuk Rabu (14/09) yakni, Tanjung Bungsu, SP 1, 2 dan 3, Limbung, Linau, Pekake, Centeng, Senempek, Keton, Sungai Pinang, Tanjung Keriting, Teluk, Belungkur, Lansik, Kudung, Dungun dan sekitarnya. Bahkan pemadaman akan terus berlanjut jika mesin masih belum dalam keadaan stabil.

Penulis : ruzi

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here