Pelajar SDN 010 Desa Darusalam, Rokan Hilir Provinsi Riau harus hati-hati tergelincir melewati jalan yang rusak parah untuk mencapai sekolah mereka. Foto : Donald Freddy Silitonga

BAGANSIAPIAPI, SIJORITODAY.com — Hujan deras yang menguyur wilayah Rokan Hilir, provinsi Riau pada sebulan terakhir berakibat terjadinya kerusakan jalan. Kerusakan paling parah terjadi di Desa Darussalam. Hingga kini belum ada upaya pemerintah setempat untuk memperbaiki jalan desa tersebut.

Musim hujan yang terus berlangsung berakibat sejumlah ruas jalan desa di kabupaten Rokan Hilir, provinsi Riau mengalami rusak parah. Salah satu yang mengalami rusak paling parah akses jalan menuju Desa Darusalam, Kecamatan Sinaboi.

Jalan rusak di wilayah tersebut sudah lama dikeluhkan warga. Namun tidak kunjung diperbaiki. Warga yang sehari-hari melintasi jalan tersebut harus ekstra hati-hati, terutama para pelajar yang hendak menuju sekolah mereka.

Perbaikan yang telah dilakukan warga masyarakat setempat hanya bersifat sementara, tidak dapat mengatasi kerusakan yang cukup parah.

Nina Siahaan, salah seorang warga yang sehari-hari melewati akses jalan tersebut mengeluhkan kondisi jalan yang tidak kunjung mendapat perhatian pemerintah.

“Jalan ini sudah berapa kali diperbaiki warga secara bergotong-royong, dengan alat seadanya, hanya bisa sedikit mengurangi kerusakan yang terjadi. Tetapi tetap saja cepat rusak karena sifatnya hanya meratakan jalan tanah yang tergerus air hujan”, ujar nya.

Kerusakan jalan desa Darusalam juga dirasakan para pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan sawit. Masyarakat sangat bergantung pada perbaikan jalan. Jika jalan desa rusak parah, maka sektor perekonomian akan terganggu. Akibatnya tidak ada kemajuan karena jalan menuju Desa Darusalam ini merupakan akses satu-satunya bagi masyarakat yang seharusnya menjadi perioritas usulan dalam pembangunan.

Ditambahkan Nina, pemerintah Rokan Hilir seharusnya turut serta membantu mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat saat ini.

“Dengan dana APBD Rokan Hilir yang melimpah ruah setiap tahunnya, untuk semua yang peduli, kami ingin sekali jalan ini mulus seperti jalan-jalan desa lainnya, desa kami adalah Kepenghuluan Darusalaam, tanah kami subur, bahkan hasil pertanian orang tua kami sampai di ekspor ke luar negeri. Kami anak anak negeri, kami berharap para pejabat Rokan Hilir peduli dengan kondisi jalan menuju desa kami “, tutup Nina Siahaan yang juga Ketua Kader Desa Siaga di Kecamatan Sinaboi.

 

Penulis : Donald Freddy Silitonga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here