BATAM, SIJORITODAY.com– – Kelas Inspirasi akan kembali hadir untuk kedelapan kalinya di Kota Batam. Sebelumnya Kelas Inspirasi Batam sukses diselenggarakan sejak 2014 dengan beragam relawan profesional dibidangnya yang mengikuti.

Muhammad Islahuddin, Koordinator Kelas Inspirasi Batam menjelaskan pada 20 April mendatang Kelas Inspirasi Batam akan memasuki hari inspirasi yang kedelapan. Saat ini para anggota relawan tengah gencar-gencarnya dalam program sosialisasi untuk merekrut para calon relawan profesional baru lainnya.

“Kelas Inspirasi Batam 8 ini rencananya kita akan turun di beberapa Sekolah Dasar (SD) yang berada di Kecamatan Sei Beduk. Penutupan calon relawan akan dilakukan pada 28 Februari Mendatang,” kata Udin panggilan akrab Guru Olahraga tersebut.

Sejak terbentuknya pada 14 Agustus 2014 lalu, Kelas Inspirasi Batam telah aktif dalam kemajuan dunia pendidikan di Batam. Puluhan sekolah baik itu berada di kota maupun di pulau-pulau (Hinterland) di Batam telah di sambangi para Relawan Kelas Inspirasi Batam.

Ade Jamil, Supervisor di Galangan Mercusuar Tanjung Uncang yang pernah menjabat sebagai Koordinator Kelas Inspirasi Batam pertama mengungkapkan, sejak hari inspirasi pertama yang jatuh pada 18 September 2014 dengan 40 relawan setiap tahunnya pelaksanaan Kelas Inspirasi di Batam selalu mengalami peningkatan minat relawan yang bergabung.

“Karena keaktifannya dalam memajukan dunia pendidikan di daearah. Kelas Inspirasi Batam disebut-sebut paling aktif di Indonesia setelah Bandung dan Jakarta, yang terlebih dahulu melaksanakan kegiatan. Buktinya belum sampai 3 tahun kita sudah melaksanakan 11 kali hari inspirasi”, jelas Ade disela-sela kegiatan Minggu Cerianya Kelas Inspirasi Batam

Sementara itu, Deo Singgih selaku Anggota Bidang Sosialisasi Kelas Inspirasi Batam menuturkan, sejak berdiri 3 tahun silam. Kelas Inspirasi Batam sudah melaksanakan 3 Hari Inspirasi di Hinterland Batam, 8 Hari Inspirasi di Kota Batam, Minggu Ceria yang di isi oleh kegiatan Reading Day, Bakti Sosial serta masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan para Relawan Kelas Inspirasi Batam.

“Target kita di hari inspirasi kedelapan ini lebih banyak lagi profesional dibidangnya mendaftar sebagai relawan. Di Bandung saja walikotanya ikut terjun menginspirasi anak-anak tingkat Sekolah Dasar. Semoga di Batam juga,” terang alumni Institut Pertanian Bogor tersebut.

Deo menambahkan, sejauh ini profesional di bidangnya yang telah mengikuti hanya sebatas Polisi, PNS, Dokter, Insinyur, Jurnalis, IT Support, Enterpreneur, Perawat, Pegawai Bank, Admin, Guru, Dosen, Enginer dan para Staff di Perusahaan Swasta maupun Negeri.

“Coba Seperti TNI, Walikota, Pelaut serta berbagai macam professional di bidangnya yang berada di Batam ikut serta sebagai Relawan Kelas Inspirasi tentunya akan menambah nilai inspirasi kepada anak-anak di usia dini dalam menentukan cita-citanya.” kata Deo.

Kelas Inspirasi sendiri merupakan suatu komunitas yang lahir karena kepedulian terhadap dunia pendidikan di daerahnya masing-masing. Telah banyak kelas inspirasi di berbagai daerah lahir dengan semangat menginspirasinya. Bagi para relawan mengikuti kegiatan tersebut adalah candu.

Salah satunya seperti yang dirasakan Sherlinda Octa, dosen di Universitas Brawijaya Malang telah melalang buana mengikuti Kelas Inspirasi diberbagai daerah seperti Malang, Bali, Lombok, Atambua, Trenggalek serta Batam.

“Dengan mengikuti kegiatan menginspirasi melalui profesi ini setidaknya kita telah mendedikasikan diri dalam kemajuan bangsa. Karena disetiap daerah tentu memiliki kualitas pendidikan yang berbeda dan kita sebagai profesional di bidangnya masing-masing harus turut serta dalam menginspirasi mereka untuk menggantungkan cita-citanya setinggi langit,” tutup Sherly.

 

Penulis : putra

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here