TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Pemerintah Provinsii Kepri melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Pemprov Kepri akan menggelar lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) pada 17-19 Mei 2017 mendatang di kota Batam.

Hal ini dijabarkan Kepala DPMD Dukcapil Provinsi Kepri Sardison, menurutnya, di ajang lomba inovasi TTG 2017 ini akan menjadi panggung yang sangat istimewa bagi nama besar Provinsi Kepri nantinya.

“Insyallah Lewat TTG tingkat Provinsi ini, Kepri akan menemukan kreator-kreator baru yang memiliki penemuan yang menjanjikan dalam bidang teknologi tepat guna,” ujarnya.

Sardison mengatakan, tentunya pihaknya akan mempertahankan pencapaian di ajang TTG Nasional. Untuk itu, TTG Provinsi ini akan menjadi sarana yang tepat untuk melahirkan inovator-inovator dari Kepri.

“Ada juga keinginan dari Gubernur Kepri Nurdin Basirun untuk lomba inovasi TTG ini agar dapat memberikan manfaat bagi pembangunan Kepri kedepan, kami dituntut untuk mengkoordinir dan membina para penemu yang telah melahirkan karya luar biasa,” katanya.

Diakui Sardison, bahwa sistem pembinaan pihaknya selama ini tidak berkembang pesat. Untuk itu, pihaknya akan melakukan pembinaan berkelanjutan terhadap hasil karya dibidang Teknologi Tepat Guna (TTG) yang akan digelar ini nantinya.

“Penemuan ini sudah menjadi aset yang berharga bagi Provinsi Kepri. Kita akan melakukan inventarisir kembali serta mengumpulkan para inovator kedalam sebuah forum TTG,” pungkasnya kepada Sijoritoday.com.

Lanjut Sardison, temuan-temuan yang ada selanjutnya akan dibukukan agar dapat disebarluaskan ke kampus-kampus, ke sekolah-sekolah dan ke perpustakaan. Dengan harapan Penemuan tersebut dijadikan stimulus untuk semua kalangan.

Adapun uang pembinaan bagi pemenang lomba tersebut nantinya, kata Sardison, untuk pemenang pertama sebesar Rp13 juta, kedua Rp10 juta, juara tiga Rp 7 juta.

“Ada juga kepada pemenang harapan pertama sebesar Rp3 juta, ke dua Rp2,5 juta, dan harapan ketiga Rp2 juta, hal ini merupakan bentuk Apresiasi kami nantinya,” jelas Sardison.

Namun, berbeda jadwalnya untuk lomba TTG kabupaten/kota di Kepri, hal ini dijelaskan Sardison untuk Anambas sendiri akan diacara pada tanggal 30 Maret, Bintan dan Batam pada tanggal 20 April, Tanjungpinang tanggal 27 April dan Karimun tanggal 3 Mei.

“Untuk Lingga dan Natuna kita tidak adakan acara lomba, karena itu minimnya temuan teknologi baru,” terangnya.

Meskipun tidak di gelar di 2 kabupaten tersebut, kata Sardison, namun bagi peserta yang ingin mengikuti lomba Inovasi TTG untuk Lingga dan Natuna akan tetap diterima.

“Kita akan tetap terima untuk peserta di Kabupaten Lingga dan Natuna,” tutupnya.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here