Gubernur Kepri, (Kiri) dan Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak (Kanan), foto: Dok

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Gubernur Kepri Nurdin Basirun dipastikan dalam waktu dekat ini akan menyurati DPRD Kepri untuk menarik surat usulan dua nama bacawagub yang sebelumnya telah diajukannya ke DPRD Kepri.

“Gubernur juga manusia, dia merasa sudah dikibulin, mengapa ? Karena pada saat mengusulkan dua nama bacawagub, Isdianto sudah menyatakan siap untuk melengkapi persyaratannya namun hingga sekarang belum kunjung dilengkapi persayaratan administrasinya, nanti pak Gubernur dibilang terkesan menghalang halangi orang,” ungkap Staf Khusus Gubernur Kepri, Ahar Sulaiman pada Sabtu (09/09/2017).

Dia menyatakan, jika ada yang ingin menggugat Gubernur Kepri terkait surat usulan dua nama bacawagub nanti ditarik di DPRD Kepri, Ahar Sulaiman mempersilahkan siapa yang ingin menggugat karena tindakan yang dilakukan Gubernur Kepri tidak menyalahi aturan perundang undangan.

Lanjut Ahar, seperti yang diketahui Gubernur Kepri sebagai tergugat dalam perkara di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang yang digugat oleh salah satu partai pengusung sanur yaitu PKB Provinsi Kepri mengenai surat Gubernur nomor 122/D736/SET tentang penyampaian usulan calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau.

Dalam gugatan tesebut, PKB Provinsi Kepri meminta PTUN untuk menyatakan batal atau tidak sahnya surat Gubernur nomor 122/D736/SET tentang penyampaian usulan calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau. Namun gugatan tersebut PKB dinyatakan kalah, kemudian PKB menyatakan banding.

Setelah dilakukan banding, informasinya surat keputusan PTUN Tanjungpinang yang menyatakan batal atau tidak sahnya surat Gubernur tentang penyampaian usulan calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau pun dikabarkan sudah keluar. Namun, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak dikonfirmasi tampaknya tidak bisa memastikan surat keputusan PTUN tersebut sudah keluar.

Dia mempertanyakan apa amar dari keputusan tersebut, kemudian apa alasan Gubernur untuk menarik dua nama bacawagub yang sudah diusulkan ke DPRD Kepri ?.

“Informasi dari mana ? kapan keputusannya ?, Wach kalau seperti itu saya tidak perlu komentar lah ! Hanya statement doang,” tanyanya belum lama ini.

Sedangkan, Ahar Sulaiman menambahkan, PKB menggugat Gubernur tentu ada yang tidak pasti atas proses pengusulan bacawagub. Jika hal tersebut menjadi masalah, tentunya proses ini sudah tidak sesuai dengan mekanisme.

“Jika PKB menarik dukungannya bagaimana ? untuk itu, Gubernur segera akan menarik surat usulan dua nama bacawagub tersebut,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah beberapa waktu lalu, Staf Khusus Gubernur Kepri, Yanto juga memastikan bahwa dua nama Cawagub yang diusulkan ke DPRD Kepri yakni, Agus Wibowo dan Isdianto akan segera ditarik oleh Gubernur Kepri karena sudah menjadi keputusan pengadilan.

“Sudah keluar, untuk penarikan dua nama segera dilakukan, karena sudah menjadi keputusan pengadilan,” terangnya.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here