TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Upah Minimum Kota (UMK) Tanjungpinang pada Tahun 2018 akan meningkat menjadi sebesar Rp. 2.565.187,- (Dua juta lima ratus enam puluh lima ribu seratus delapan puluh tujuh rupiah).

Merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan dan mengacu pada pasal 44 ayat (1) dan ayat (2) PP No. 78 Tahun 2015, Pemerintah Kota Tanjungpinang beserta Dewan Pengupahan Kota Tanjungpinang telah menetapkan besaran UMK pada tahun 2018 mendatang, dengan menggunakan formula sebagai berikut : UMn = UMt + {UMt x ( Inflasit + % ∆ PDBt)} .

Adapun besaran UMK yang di tetapkan tersebut merupakan hasil rapat pembahasan Dewan Pengupahan Kota Tanjungpinang yang terdiri dari Unsur Serikat Pekerja, Unsur Pengusaha dan Pemerintah serta Pakar dan Perguruan Tinggi.

Sebagaimana yang telah diamanatkan UU RI Nomor 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan pasal 89 ayat (3) menyatakan bahwa “Upah minimum ditetapkan oleh Gubernur dengan memperhatikan rekomendasi Dewan Pengupahan Provinsi dan atau/Bupati/Walikota setempat”.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang, Marzul Hendri menyampaikan bahwa Upah Minimum Kota (UMK) Tanjungpinang saat ini sudah di ajukan kepada Gubernur.

“Dan untuk selanjutnya Gubernur yang memutuskan dengan Surat Keputusan Gubernur selambat- lambatnya pada tanggal 21 November 2017, dan UMK yang telah ditetapkan tersebut berlaku mulai tanggal 01 Januari 2018,” ungkapnya.

Penulis: beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here