Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., mewakili Kasal menghadiri kegiatan Asean Navy Chiefs' Meeting (ANCM) yang ke-11 dan International Fleet Review (IFR) serta HUT ke 50 ASEAN di Pattaya, Thailand. Foto : ist

THAILAND, SIJORITODAY.com– -Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., mewakili Kasal menghadiri  Asean Navy Chiefs’ Meeting (ANCM) ke-11 sera International Fleet Review (IFR) dalam rangka HUT ke 50 ASEAN di Pattaya, Thailand. ANCM diselenggarakan pada 19 November 2017 dihadiri para Kasal Negara-negara ASEAN dengan tuan rumah Kasal Thailand.

Pangarmabar pada kesempatana tersebut melaksanakan Bilateral Meeting dengan sejumlah negara seperti India, New Zealand, Brunei, Perancis dan Korsel. Kelima negara  berkomitmen untuk meningkatkah hubungan dan kerja sama dengan Indonesia melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapabilitas masing-masing Angkatan Laut.

Dalam forum ANCM, Pangarmabar memaparkan yang telah dilakukan TNI AL dalam perlindungan dan pelestarian lingkungan laut sesuai dengan tema ANCM, Protection and Preservation of Marine Environment. Selain itu, Delegasi TNI AL juga memaparkan kegiatan internasional ke depan yang akan dilaksanakan untuk memperingati 75th Anniversary of Indonesian Navy dan HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada Juli-Agustus 2020.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020 berupa Tall Ship Race, International Fleet Review (IFR), International Maritime Security Symposium (IMSS), Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), ASEAN Cadet Sail, Seminar International Hidrogafi dan Pameran Maritime Defence. Pada kegiatan ANCM ini juga disepakati bahwa Host ANCM berikutnya di tahun 2018 adalah Singapura, sedangkan Indonesia akan menjadi Host ANCM tahun 2022.

Sementara itu, kegiatan IFR pada 20 November 2017 diikuti 50 kapal perang yang terdiri  26 kapal perang asing dari 19 negara dan 24 kapal perang Thailand. Dalam kegiatan tersebut, TNI Angkatan Laut mengirimkan KRI Raden Eddy Martadinata-331. Kegiatan IFR dihadiri 8 Kasal Negara ASEAN dan 11 Kasal non ASEAN serta 21 Representatif dari Angkatan Laut yang mengirimkan kapal untuk mengikuti IFR.

Seusai kegiatan IFR, selanjutnya KRI Raden Eddy Martadinata (REM)-331 dan pesawat udara CN-235 mengikuti ASEAN Multilateral Naval Exercise (AMNEX) bersama dengan kapal-kapal dan pesawat udara Angkatan Laut Negara ASEAN.

Penulis : red

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here