Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Arifin Nasir (Foto:Istimewa)

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau pada akhir tahun 2017 menganggarkan beasiswa dan bantuan pendidikan tinggi sebesar 5 Miliar Rupiah.

Dana beasiswa di peruntukkan untuk putra-putri daerah yang berasal dari provinsi Kepulauan Riau guna mendorong dunia pendidikan.

Dua tahun berturut-turut alokasi dana tersebut sempat ditiadakan, hal ini dikarenakan anggaran Pemprov Kepri devisit, dan tahun 2017 dinas pendidikan bersama Komisi IV DPRD Kepri kembali menganggarkan dana tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri Arifin Nasir mengatakan, ada sejumlah 3500 proposal yang sudah diterima dari berbagai daerah seperti Bandung, Jogja, Jakarta dan Medan yang mahasiswanya berasal dari Provinsi Kepri.

“Kenapa beasiswa tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa daerah Kepri, karena alokasi dana tersebut berasal dari APBD, ini kan APBD mereka,” tungkasnya.

Lebih lanjut ia katakan, pihaknya tetap mengusahakan paling lambat awal desember dana beasiswa tersebut sudah dapat di distribusikan.

“5 M tersebut dibagi dengan mahasiswa kemitraan yang sudah berjalan beberapa tahun, adapun besaran yang akan diperoleh si penerima beasiswa berkisar 2-3 juta,” paparnya.

Jumlah besaran tersebut telah tertuang dalam Peraturan Gubernur. Untuk tahun depan, kata Arifin, Disdik Kepri telah menganggarkan senilai 6 Miliar dan telah disetujui Komisi IV DPRD bersama Gubernur.

“Kita harapkan berkas yang di ajukan haruslah akurat, sebab ada beberapa berkas proposal yang dipalsukan seperti tandatangan perguruan tinggi,” tutupnya.

Penulis: Beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here