KM. Bukit Raya

NATUNA, SIJORITODAY.com – – Gelombang besar yang menghantam Kapal Pelni KM Bukit Raya, Minggu (17/12) Tujuan Pelabuhan Kecamatan Midai sempat membuat para penumpang histeris, pasalanya kaca bagian samping dinding kapal Dek 2 pecah seketika ombak menghantam kaca tersebut.

Kejadian yang diperkirakan sekitar 2 jam sebelum sampai di pelabuhan Midai itu dirasakan oleh salah satu penumpang Kapal atas nama Harani (24) dengan Tujuan Pelabuhan Selat Lampa Ranai.

Salah satu penumpang kapal itu mengatakan, bahwa dirinya dan para penumpang lainnya panik ketika ombak besar berkali-kali menghantam kapal hingga menyebabkan kaca bagian samping Dek 2 pecah dan masuk ke dalam ruang kapal.

“Kami semua berteriak histeris, karna kaca bagian depan kapal pecah. Tidak srdikit yang menangis karna takut”, ujar Rani.

Atas kejadian itu, seluruh penumpang kapal yang mendiami Dek 2 akhirnya oleh Anak Buah Kapal (ABK) di pindahkan ke Dek 3 atas guna keamanan para penumpang kapal.

“Kami semua waktu itu di pindahkan ke Dek 1 oleh ABK Kapal karna kaca bagian depan dek kami pecah”, jela Rani.

Diketahui Kaca bagian samping dek 2 Kapal Pelni KM Bukit Raya kembali di pasangkan (diganti) oleh Pihak Kapal saat tiba di Pelabuhan Midai dan melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Selat Lampa Ranai.

Sementara itu, menurut Prakiraan Stasiun Meteorologi Ranai, Demetrius Christian menjelaskan, perairan Kepulauan Natuna saat ini memang masuk kategori gelombang tinggi (very rough sea) dengan gelombang mencapai 4 – 6 meter.

“Bahkan untuk kategori gelombang tinggi (high sea) 6 – 7 meter juga diprakirakan terjadi di sekitar Laut Natuna Utara dan Laut Cina Selatan,” ujarnya, Senin (18/12/2017).

Untuk di perairan laut dengan gelombang kuat (rough sea) dengan ketinggian 2,5 – 4 meter terjadi di Kepulauan Anambas, Laut Natuna dan perairan timur Kepulauan Bintan.

Ia juga mengimbau para nelayan dan pengguna moda tranaportasi laut tetap waspada terhadap awan Cumolunimbus karna dapat menimbulkan hujan lebat, guntur disertai petir dan angin kencang yang menyebabkan terjadinya gelombang laut tinggi secara tiba-tiba.

Penulis : Afrizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here