TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Peluncuran buku Abdul Kadir Ibrahim oleh Walikota Tanjungpinang menghadirkan sejumlah para sastrawan dan seniman melayu, di Gedung Aisyah Sulaiman, Tanjungpinang, Sabtu (13/01/2018).

Setelah 13 tahun vakum akhirnya Abdul Kadir Ibrahim yang kini menjabat sebagai Sekretaris DPRD Kota Tanjungpinang meluncurkan buku kumpulan puisinya dengan judul “Doa Cinta Mekar Langit, doa cinta mekar Laut”.

Peluncuran buku tersebut dibarengi langsung dengan pembacaan puisi oleh Penulisnya sendiri yaitu Akib (sapaan Abdul Kadir Ibrahim) dan R. Malik Hafrizal yang dipadu dengan rangkaian bincang proses Kreatif Karya Sastra oleh Dr.H.Abdul Malik dan Medri Osno yang di moderatori oleh Sita Rohana.

Sekdako Tanjungpinang, Riono, yang turut hadir dalam peluncuran buku tersebut berharap agar buku yang diluncurkan oleh Akib ini dapat menjadi referensi bagi semuanya untuk melahirkan penulis-penulis sastrawan dari Tanjungpinang.

Senada dengan itu, Rida K Liamsi yang merupakan sastrawan melayu menilai kelebihan puisi dalam buku tersebut telah menjadi salah satu sastra melayu yang bernuansa maritim.

“Di dalam karya Akib, menjadi salah satu karya lokal jenius yang mengisahkan bagaimana tertindasnya masyarakat Tanjungpinang di kampung sendiri dan permasalahan TKI dari Batam,” kata Rida K Liamsi.

Rida menambahkan, buku tersebut juga mengisahkan Sri Pantai dan Sri Gunung sebagai aspek antologi estetika Melayu yang bersepadu dengan keindahan makna zahiriah dan batiniah serta menampilkan kehalusan budi.

Bahkan Akib mengaku bahwa buku tersebut ditulis mengikuti gaya sastra Raja H. Fisabilillah dan Rida K Liamsi.

“Kita harus menulis sebab karyalah yang bisa kita tinggalkan untuk terus dikenang oleh sejarah, lewat peluncuran
buku ini saya ingin lebih lama diingat dan berharap lahirlah generasi-generasi penulis,” ucap Akib.

“Setelah 13 tahun lamanya saya bergelut menyusun buku ini sehingga kembali dapat meluncurkan buku tersebut dan ini buku terbitan yang terakhir kalinya,” tutup Akib

Penulis: beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here