TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Komisi Pemilihak Umum (KPU) Kota Tanjungpinang gelar Bimbingan Teknis pemutahiran daftar pemilih pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang tahun 2018 bersama dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Tanjungpinang di Hotel Aston, Sabtu (13/1).

Ketua KPU Kota Tanjungpinang , Robby Patria mengatakan bimtek anggota PPK dan PPS bertujuan agar anggota dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai penyelenggara teknis di lapangan agar agenda besar dari KPU RI dapat berjalan dengan sebaik baiknya.

“PPK dan PPS harus paham betul proses dan tekhnisnya di lapangan,” ujarnya.

“Agenda besar harus dijalankan dengan sangat baik,” tambah Robby.

Robby juga mengingatkan kepada anggota PPK dan PPS agar menggunakan media sosial dalam mensosialisasikan untuk menambah nilai jual anggota PPK, PPS dan PPDP.

“Gunakan media sosial untuk meningkatkan pastisipasi daftar pemilih”, tegas Robby.

Tujuan sosialisasi mengoptimalkan peran keluarga sebagai basis sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk melahirkan pemilih yang cerdas dan mandiri.

Ketua Divisi Program dan Data KPU Kota Tanjungpinang, Zulkifli Riawan menjelaskan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia (RI) No 2 Tahun 2017 tentang Pemutahiran Data Pemilih, tentang tugas dan tanggung jawab PPK, PPS dan PPDP.

“Tugas PPK di sini hanya menguatkan dan mengawasi PPS dan PPDP dalam melakukan coklit”, kata Zulkifli.

Zulkifli mengatakan Bimtek ini sangat penting untuk diikuti oleh PPK dan PPS agar tidak terjadinya kesalahan dalam penyusunan daftar pemilih tetap (DPT).

“Ini adalah kegiatan yang sangat penting dan wajib untuk diikuti oleh anggota PPK dan PPS, agar nantinya tidak terjadi kesalahan dalam proses penyusunan daftar pemilih tetap”, pungakasnya.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here