TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang menghimbau setiap pelayaran yang melintasi lautan lepas agar tetap siaga, dikarenakan gelombang untuk perairan pesisir Bintan dan lautan lepas beberapa hari kedepan masih tetap tinggi, keadaan gelombang sewaktu-waktu dapat berubah.

Prakirawan BMKG Kota Tanjungpinang Bhakti Wira menyebutkan, perairan pesisir Bintan saat ini mengalami penurunan menjadi 1 hingga 2 meter, keadaan tersebut bisa berubah disebabkan gelombang tinggi diperairan lepas sehingga mempengaruhi gelombang di perairan bintan,” ucap Bhakti Wira di Tanjungpinang, Minggu(14/1/2018).

Bhakti Wira mengatakan, untuk tanggal 15 dan tiga hari kedepan gelombang diperairan Natuna masih tinggi bisa mencapai 6 meter, sedangkan perairan Bintan bisa mencapai 3 meter.

“Hingga tanggal 16 gelombang masih sama, meskipun menurun sedikit namun tetap harus waspada, diperkirakan keadaan laut baru normal dan stabil dimulai tanggal 17 dan seterusnya,” ucap Bakti Wira.

Saat ini, kata dia temperatur suhu udara di Tanjungpinang jatuh pada angka 21.7 drajat celcius, Suhu tersebut menurun dikarenakan kondisi cuaca yang sudah 3 hari diguyur hujan mengakibatkan kondisi matahari tertutup awan sehingga menyebabkan suhu udara terus menurun.

“Hal ini terhitung sudah tidak normal sebab biasanya daerah kita suhu udara pada angka 27-32 Drajat Celcius jadi kondisi ini bisa dikatakan cukup dingin, yang sangat berbahaya jika suhu sudah mencapai 20 kebawah,” tuturnya.

Untuk itu, BMKG tetap menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada baik yang berkendara dan yang beraktivitas dilaut tetap mengutamakan keselamatan.

Penulis beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here