TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Untuk memberikan kemudahan pelayanan paspor, Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, memberikan solusi melalui aplikasi ‘antrian paspor’ yang bisa diunggah di Playstore.

Contoh aplikasi Antrian Paspor

Tidak hanya itu, untuk pembayaran biaya pembuatan paspor bisa melalui bank dan kantor pos juga.

Kepala Seksi Lalu Lintas Paspor Keimigrasian Kantor imigrasi Kelas I Kota Tanjungpinang, Tatok Harisasando mengatakan, dengan sistem online menggunakan aplikasi antrean paspor, masyarakat atau pemohon tidak perlu lagi antre, cukup dengan aplikasi Playstore sudah dipermudah.

Ia menyebutkan sistem aplikasi antrean online tersebut langsung memproses pembuatan paspor secara cepat jadi tidak perlu mendatangi kantor dengan menunggu berlama lama.

Hal ini Ini guna mencegah percaloan dan pungli serta antrean panjang bagi pemohon paspor dengan
berpegang pada prinsip efektif dan transparan.

“Melalui aplikasi ini, pemohon akan diberikan informasi mengenai hari dan waktu serta jadwal giliran permohonan paspor secara jelas. Sehingga pemohon tidak terlalu lama menunggu antrean dan bisa lebih leluasa memanfaatkan waktu yang ada,” kata Harisasando yang kerap dipanggil Tatok, Rabu (25/1/2018).

Kelebihan lain dari antran berbasis online ini, setelah mendaftar, pemohon akan diberikan informasi mengenai hari dan waktu giliran permohonan paspor secara jelas.

Tatok menuturkan, pembuatan aplikasi tersebut dibuat guna percepatan dan peningkatan pembuatan paspor yang dimana sebelumnya kantor imigrasi hanya mampu melayani pembuatan paspor sebanyak 16.098 paspor yang terdiri dari pembuatan paspor baru 5.198, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) 1, habis berlaku 10.249, pengganti halaman penuh 349, paspor hilang 114, rusak masih berlaku 81.

“Dengan adanya sistem antrean online ini di Kota Tanjungpinang diharapkan jumlah pembuatan paspor terus meningkat,” harapnya.

Penulis: Beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here