TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Dalam menjaga kedaulatan wilayah NKRI, sejumlah pulau yang ada di Provinsi Kepulauan Riau yang masuk kedalam wilayah kinerja Kodim 0315/Bintan telah dalam penjagaan aparat TNI.

Hal tersebut terlihat melalui upaya dari kegiatan Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/Bintan beserta jajarannya memasang plang yang bertulisan “Pulau Ini Dalam Pengawasan Kodim 0315/Bintan dan menancapkan bendera Merah Putih, di Pulau Beralas Bakau Sabtu (27/1/2018).

Tidak hanya Pulau Beralas Bakau, melainkan sejumlah pulau sudah dan akan dipasangi plang penjagaan serta bendera merah putih di pulau yang tidak berpenghuni.

Dandim 0315/Bintan, Letkol Inf. Ari Suseno menjelaskan, bahwa hal ini dilakukan untuk menunjukkan pulau tersebut dalam pengawasan, sehingga orang luar atau orang tak bertanggungjawab tidak berani menjual pulau yang tidak berpenghuni seperti ini.

“Sebab baru-baru ini ada kabar dugaan penjualan pulau di Kepulauan Riau, maka dengan hal tersebut kita tidak mau itu terulang apalagi masuk dala wilayah kerja kita,” ucap Ari.

Lebih lanjut Ia katakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari pengawasan pulau-pulau di wilayah kinerja Kodim 0315/Bintan yang mencakup 2 kabupaten dan 1 kota madya, yakni Bintan, Lingga dan Tanjungpinang.

“Bila perlu semua pulau yang ada dalam wilayah kinerja kita akan kita lalukan penjagaan,” tegasnya.

“Kalau terdapat 5 ribu Pulau didaerah kinerja kita, maka semua akan kita pasang plang dan bendera merah putih,” kata Dandim.

Dijelaskannya, sebelum malaksakan kegiatan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi terlebih dahulu ke pihak Kecamatan dan perangkat Desa setempat untuk mengetahui dokumen pulau dan melakukan kerjasama.

Senada dengan itu, Danramil 02/Bintim Kapten T. Telaumbanua mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap pulau pulau yang tidak berpenghuni.

“Sama seperti pulau beralas bakau ini, agar dilakukan penjagaan,” katanya.

Meski tidak berpenghuni, informasi yang pihaknya peroleh bahwa Pulau Beralas Bakau merupakan milik Carles yang tinggal di Jakarta.

Danramil menerangkan, untuk pemasangan selanjutnya, Kodim 0315/Bintan akan mendatangi desa gunung kijang pulau antu yang juga merupakan rangkaian kegiatan pemantauan sama seperti pulau ajab dan pulau beralas bakau.

Sementara, Camat Bintan Timur melalui Sekretaris Camat Bintim Suroni membenarkan akan kepemilikan pulau beralas bakau tersebut bernama Charles.

“Luas pulau beralas bakau tersebut 16 hektar namun seluas 2 ha milik Carles dan telah bersertifikat, sementara selebihnya belum ada kepemilikan namun untuk memastikan kita akan lakukan pendataan dan lebih lanjut akan diberikan kepada pemerintah setempat untuk dilakukan pengelolahan” ujarnya.

Sementara diakhir wawancara, Dandim 0315/Bintan menambahkan, tujuan akhirnya dari kegiatan ini akan melakukan pengembangan terhadap pulau-pulau yang tidak berpenghuni untuk dimanfaatkan guna kepentingan masyarakat.

Misalnya, dimanfaatkan untuk pengembangan keramba dan lain sebagainya, juga kedepan Pulau ini akan dilakukan penambahan penanam bakau.

“Dalam mendorong hal tersebut kita akan bekerjasama dengan pemerintah daerah agar bersinergis dalam pemanfaatan pulau yang tidak berpenghuni ini,” tutup Dandim.

Penulis: Beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here