TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com- -Pemerintah Kota Tanjungpinang harapkan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dengan diadakannya perhelatan Festival Pulau Penyengat (FPP) yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-18 Februari mendatang.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan pula dapat memancing wisatawan untuk terus berkunjung ke Tanjungpinang. Selain itu, FPP juga merupakan agenda tahunan guna memeriahkan Peringatan Hari Jadi Pulau Penyengat, Minggu (4/2).

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Riono mengatakan, Pemerintah telah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut kegiatan yang sudah masuk dalam kalender Pariwisata Kota Tanjungpinang.

Dengan berbagai persiapan yang dilakukan tersebut, diharapkan kegiatan yang terselenggara nantinya bisa lebih meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Tanjungpinang pada tahun 2018.

“Festival Pulau Penyengat merupakan salah satu event tahunan yang sudah masuk dalam kalender pariwisata Kota Tanjungpinang. Event ini, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Tanjungpinang serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat di pulau Penyengat, ” ujar Riono di Tanjungpinang.

Dirinya menambahkan, kegiatan tersebut harus mendapat dukungan penuh dari seluruh elemen masyrakat. Dimana saat ini, pemerintah terus berupaya melakukan trobosan yang terbaik guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Menurutnya, jika perhelatan tersebut bisa berjalan dengan sukses, pemerintah maupun masyarakat Kota Tanjungpinang akan mendapat imbas yang baik dari segi perekonomian.

“Pada penyelenggaraan FPP ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang didukung oleh Pemerintah Provinsi Kepri, dan Kementerian Pariwisata RI. Semuanya sudah saling mendukung, selanjutnya mari kita sukseskan perhelatan tahunan ini agar perekonomian kita semakin membaik,” ujarnya.

Dalam mempersiapkan FPP, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Raja Kholidin menjelaskan, hingga saat ini pihaknya sudah menyediakan berbagai perlombaan yang bisa memanjakan mata para wisatawan yang akan disajikan untuk meriahkan FPP.

“Seperti lomba berzanzi, lomba membaca Gurindam XII, lomba kompang dewasa klasik, lomba kompang kreasi remaja, lomba syarhil Gurindam XII, lomba busana melayu kreasi, lomba fotografi, lomba bazar kuliner khas Melayu, lomba fashion carnival, lomba lagu Melayu. Kegitan yang disediakan tersebut untuk memanjakan wisatawan dan memperkenalkan ciri khas melayu kita,” ucapnya.

Raja Kholidin menambahkan, selain berbagai macam perlomban tersebut, pemerintah juga menambahkan berbagai perlombaan tradisional. Untuk pelaksanaan perlombaan tersebut, akan dilaksanakan di pulau penyengat, kegiatan tersebut juga disejalankan dengan perayaan hari jadi pulau penyengat.

“Lomba tradisional seperti lomba pankak gasing, lomba sampan dayung, becak hias, lomba nambat itik dan lomba pukul bantal. Rangkaian kegiatan ini, tentunya akan memanjakan mata wisatawan dan menyemarakkan perayaan Hari Jadi pualu Penyengat tahun 2018,” ucapnya.

Penulis: Beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here