BATAM, SIJORITODAY.Com– – Bank Syariah Mandiri (BSM) cabang Batam akan memacu pertumbuhan pembiayaannya hingga Rp 450 miliar tahun ini dengan memanfaatkan kajian anti Riba yang disebarluaskan para ustad melalui kajian dakwah mereka di media sosial.

Apalagi saat ini banyak public figure dari kalangan artis yang “berhijrah”.

“Sekarang sudah banyak penggiat hijrah dari kalangan artis. Ini membuat pangsa pasar kami terbantu,” ujar Branch Manager BSM Kantor Cabang Batam Waskito Vergino di kantornya.

Kondisi ini mendorong kesadaran terhadap aturan syariah juga meningkat, termasuk soal Riba. Hal ini membuat komunitas anti Riba berkembang, dan mulai pindah menggunakan fasilitas di lembaga keuangan syariah.

Menurutnya, tren ini secara tak langsung menguntungkan perbankan Syariah. Itu pula yang menjadi salah satu alasan BSM Batam mampu bertumbuhan positif tahun 2017, sementara perbankan konvensional harus kerja keras bertahan saat lesunya ekonomi global.

Secara nasional pangsa pasar BSM mencapai 35 persen. Sementara di Batam bank yang hadir sejak 2004 ini menguasai 65 persen pasar syariah di kota Industri ini.

Tren ini juga mendorong BSM berinovasi dalam pemberian produknya. Salah satunya adalah dengan menerbitkan produk Griya Hijrah BSM. Produk ini memberikan fasilitas pemindahan KPR dari bank konvensional ke BSM.

“Kami menyasar konsumen yang tak ingin terikat riba,” ujarnya.

BSM memberikan margin bagi hasil yang fleksibel terhadap nasabah yang memanfaatkan fasilitas ini. Yang pasti, angsuran yang ditanggung oleh nasabah tak akan lebih besar dari pada angsuran yang dibayarkan di Bank yang lama.

“Biaya pindahnya juga nol rupiah,” katanya.

Yang lebih menguntungkan, nasabah yang memanfaatkan fasiltias Griya Hijrah diberi kesempatan untuk top up pembiayaan. Terutama bagi nasabah yang butuh biaya untuk merenovasi rumahnya. “Top up akan melihat harga rumah maksimal. Keuntungannya ganda,” katanya.

Syarat mendapatkan fasilias izin ini mudah. BSM hanya perlu memastikan kolektifitas di Bank sebelumnya lancar. Sementara persyaratan administraif sama seperti persyaratan standar pengajuan KPR.

Penulis : sito3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here