TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcpil) Kota Tanjungpinang sudah mencetak 3600 Kartu Identitas Anak (KIA), Pencetakan tersebut termasuk sukses untuk Kota Tanjungpinang, dimana proses pencetakan hanya dimulai dari bulan Juni 2017.

Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang Irianto mengatakan, tingkat antusia anak maupun orang tua untuk mendapatkan KIA di Tanjungpinang saat ini sangat tinggi. Hal tersebut terlihat pendaftar dan hasil yang bisa dicetak cukup tinggi.

“Mereka sangat antusias mendaftar KIA, makanya yang berhasil dicetak cukup tinggi dalam setahun saja,” ucap Irianto di kantornya, Sabtu (23/2/2018).

Disdukcapil dalam mempermudah pencetakan dan pendataan KIA, melakukan pendekatan terlebih dahulu melalui sekolah. Dimana sekolah diminta mengirim berkas ke Disdukcapil, kemudian Disdukcapil mendata dan mencetaknya.

“Hingga saat ini sudah 6 sekolah yang melakukan permohonan KIA, dan semuanya sudah terpenuhi dan tercetak,” ucapnya.

Menurut Irianto, ditargetkan secara nasional untuk seluruh anak di Indonesia pada tahun 2022 semuanya sudah memiliki KIA, karena dengan memiliki KIA banyak kemudahan yang diterima anak.

Anak akan mendapat potongan harga dalam membeli buku, bermain ditempat hiburan, dan berbelanja. Sesuai dengan tempat yang telah bekerjasama dengan pemerintah untuk potongan 10% yang memiliki KIA dan wajib dimiliki anak yang berumur 0 hingga 16 tahun, dikarenakan anak yang sudah 17 tahun wajin KTP.

“Pemerintah menargetkan pada 2022 sudah memiliki KIA semua anak,” ucapnya.

Sejauh ini dalam pelaksanaan pencetakan KIA belum menemui kendala, dikarenakan pembuatan KIA tidak serumit pembuatan KTP-Elektronik yang diharuskan ada scan mata dan sidik jari.

“Mudah, makanya cepat. Untuk target semuanya kunya KIA di 2022 pasti dengan mudah tercapai,” tutupnya.

Penulis: Bet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here