TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang memperkirakan Kota Tanjungpinang akan diguyur hujan dengan intensitas sedang dalam beberapa hari mendatang. Hal tersebut dikarenakan terdapat perkumpulan massa udara yang terdorong ke wilayah pulau Bintan.

Prakirawan BMKG Kota Tanjungpinang Bhakti Wira Kusumah mengatakan, akan terjadi hujan hingga hari Minggu 11/3, dimana hujan tersebut disebabkan efek siklus Eddy di pulau Kalimantan, ditambah pertemuan masa udara di wilayah pulau Sumatra.

“Bulan Maret Berbeda dengan Februari yang curah hujannya hanya sedikait dalam sebulan, namun Maret sudah memasuki musim penghujan,” kata Bhakti di kantornya, Jumat (9/3/2018).

Ia menambahkan, curah hujan merata dan lebat diperkirakan terjadi pada Sabtu 10/3. Dimana pada hari tersebut hampir keseluruhan wilayah pulau Bintan akan mengalami hujan, namun memasuki Maret hanya akan terjadi hujan belum disertai gluduk atau petir.

“Sabtu akan rata dan lebat, dibanding hari lainnya. Untuk bulan ini belum ada Petir lagi,” tambahnya.

Untuk siklus Eddy, saat ini sudah bergeser ketengah pulau Kalimantan, dimana sebelumnya berada i Barat Kalimantan, namun demikian dampak dari siklus eddy tersebut masih bisa dirasakan Pulau Bintan.

Selain itu, Pulau Sumatra saat ini sudah melewati masa susah hujan, dan untuk bulan Maret dan seterusnya curah hujan akan sangat banyak.

“Masih ada siklus Eddy. Namun untuk bulan maret dan seterusnya hujan sering terjadi dan banyak kali setiap bulannya,” ucapnya.

Dalam perkiraan BMKG, bulan yang curah hujannya rendah tersebut terjadi pada bulan Februari, Agustus dan September. Namun yang paling susah hujan itu terjadi di bulan Februari, untuk bulan lainnya akan terjadi hujan yang terjadi tidak beraturan.

“Jika Februari tidak hujan, makai itu normal. Untuk agustus-September masih sering hujan, satu hari lebat, beberpa hari kemudian baru hujan lagi,” katanya.

Untuk Geluduk atau Petir sendiri baru bisa dirasakan masyarakat pada masa peralihan, yaitu pada bulan Mei atau Juli.

” Mei masa peralihan memasuki musim petir biasanya,” tutupnya

Penulis: Bet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here