TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com- -Penghormatan terakhir kepada sang legendaris Bhikkhu Sek Cong Seng / Zong Sheng yang meninggal pada usianya 100 tahun dihadiri ribuan umat Budha dan pengikut sang bhikkhu dari berbagai negara.

Acara kremasi berlangsung di Kramatorium Vihara Avalokitesvara Graha di KM 14 Tanjungpinang, Rabu (21/3/2018).

Tidak henti-hentinya untaian doa dipanjatkan dari masing-masing yayasan untuk menghantar kepergian biksu kelahiran Kota Kou Tien pada tahun 1919 itu.

Kepergian biksu Sek Cong meninggalkan duka yang mendalam bagi pengikutnya. Turut suhu-suhu dan biksu dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, China dan Australia datang mendoakan dan memberi penghormatan terakhir.

Juga hadir pengurus yayasan dari Mangabudhi Kepri, Majelis Budhayana Indonesia, Yayasan Budha Tzu Chi, Pusdiklat Amithaba, Vihra Vajracchedika, Mapan Bhumi, Soka Gakkai Indonesia, Medi, Vihara Bahtera Sasana, Vihara Bodhi Marga dan Vihara Avaktesvara. Mereka ikut melakukan penghormatan terakhir kepada Biksu Sek Cong Seng.

Penghormatan juga dilakukan perwakilan dari Sangha Mahayana Provinsi Fu Jian Tiongkok, Pembina Vihara Da Xeu Feng YM. Master Guang Lin. Dewan Sangha WALUBI Pusat YM. Bikkhu Tadisa Paramita Mahasthavira dan dari Pembina Vihara Avalokitesvara Graha YM. Bikku Da He Mahastavira.

Ketua Walubi Kepri, Hengki Suryawan, merupakan teman dekat biksu Sek Cong Seng mengatakan akan meneruskan apa yang menjadi harapan dan cita-cita biksu Sek Cong Seng.

Penulis: Bet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here