TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Peraturan Daerah (Perda) merupakan sebuah regulasi kebijakan yang mengatur tata kelolah pemerintahan guna mewujudkan pemerintahan yang baik dan maju.

Hal tersebut sebagaimana yang telah di amanat kan di dalam pasal 39 UU Nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan dan Permendagri nomor 20 tahu 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah.

Melalui Rapat Paripurna DPRD Kota Tanjungpinang, Senin (25/3) kembali membahas 9 poin Rancangan peraturan daerah (Ranperda) Kota Tanjungpinang tahun 2018.

Rika Adrian, selaku Tim Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BAPEMPERDA) yang juga merupakan Ketua Fraksi PAN mengatakan, ada sembilan usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dari Pemko dan dua Ranperda inisiatif DPRD Kota Tanjungpinang.

“Awalnya ada 18 Ranperda yang di usulkan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang, namun yang kita sahkan hanya sembilan dari Pemko,” ujarnya kepada Sijoritoday.com.

Adapun kesebelas Ranperda mengatur tentang pengelolahan kawasan cagar budaya pulau penyengat sebagai wisata budaya Kota Tanjungpinang.

Sementara diketahui Kota Tanjungpinang khusus pulau penyengat merupakan salah satu destinasi wisata religi yang terdapat di Provinsi Kepulauan Riau.

Masyarakat kerap mengenal pulau penyengat merupakan Wisata religi Nasional dan bahkan turis mancanegara yang sering berdatangan dari Malaysia dan Singapura.

Hal tersebut melalui penguatan destinasi pulau penyengat menjadi salah satu wisata dikarenakan di dalamnya terdapat makam Pahlawan Nasional Raja Haji Fisabilillah melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 072/TH/1997 Tanggal 11 Agustus 1997.

Namun diketahui hanya kali ini baru ada Rancangan Peraturan Daerah (Perda) yang akan mengatur lebih lanjut tentang pulau penyengat.

Penjabat Wali Kota Raja Ariza membenarkan ini adalah pertama terkait adanya Ranperda yang akan mengatur pulau penyengat.

“Kenapa baru kali ini? Karena kita menilai bahwa pulau penyengat memang harus benar-benar dijaga dan di rawat,” ucapnya.

Penulis: Beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here