TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) RI merilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2018 seluruh indonesia. Kemudian menilai tingkat rawan sedang terkait netralitas ASN pada Pilkada Kepri di Tanjungpinang. Dimana saat ini Tanjungpinang berada di peringkat 53 berdasarkan IKP 2018 tingkat Kabupaten/Kota seluruh indonesia.

Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tanjungpinang Muhammad Zaini mengatakan, berdasarkan hasil pembahasan di Jakarta bersama Banwaslu RI potensi keterlibatan ASN tentu ada, mengingat Tanjungpinang terdapat tiga ASN, yaitu wilayah Pemko Tanjungpinang, Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan yang berdekatan.

“Dalam IKP 2018 Bawaslu RI telah merilis ada 3 potensi. Dimensi penyelenggaraan, Dimensi partisipasi, Dimensi kontestasi,” kata Zaini di Tanjungpinang, Jumat (6/4).

Secara umum, IKP Kepri untuk pilkada Tanjungpinang dimana ketiga dimensi yang menjadi tolak ukur masih relatif rendah, dimensi penyelenggaraan 1.96 persen, dimensi partisipasi 2.28 persen, dimensi kontestasi 2.00 persen dengan total indeks 2.09 persen.

“IKP menempatkan Pilkada Tanjungpinang adalah kerawanan sedang yang hanya 2.09 persen,” ucapnya.

Ia mengingatkan kepada ASN jika berbicara politik/kampanye paslon sekedar obrolan santai yang bersifat pribadi diperbolehkan. Namun jika di hadapan orang banyak, apalagi jika sampai mempengaruhi, mengajak dan mengerahkan teman atau masyarakat untuk mendukung salah satu paslon, ditambah lagi terlibat kampanye sama sekali itu semua tidak diperbolehkan.

“Jika ada temuan atau laporan demikian dan terpenuhinya syarat formil dan materil, maka Panwaslu akan menindak lanjuti, proses penindakan terhadap berbagai dugaan pelanggaran,” bebernya.

Ditambahkan Ketua Panwaslu Tanjungpinang Maryamah, untuk melakukan penekanan terjadinya kecurangan dan pelanggaran tersebut, Panwaslu sering mengadakan berbagai kegiatan pencegahan, seperti sosialisasi, berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Untuk antisipasi berbagai cara akan kami terus laksanakan,” tutupnya.

Penulis: Bet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here