Ilustrasi Kapal

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Kapal yang membawa 107 orang penumpang dikabarkan tenggelam di perairan Horseburgh (Batu Putih) Malaysia, pada Kamis (19/4/2018). Kapal tersebut datang dari Bandar Penawar, Johor, Malaysia.

Informasinya kapal tersebut tenggelam karena ada kerusakan parah. Kapal yang bermuatan 107 orang penumpang itu masih dilakukan evakuasi oleh petugas gabungan.

107 korban terdiri dari 102 penumpang Tenaga Kerja Indonesia dan 5 ABK serta 102 diantaranya 22 orang perempuan, 4 orang anak-anak dan 76 laki laki.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas A Tanjungpinang, Budi Cahyadi membenarkan peristiwa tersebut. Budi mengatakan, saat ini BNPP Kelas A Tanjungpinang sudah menerjunkan KN SAR Purworejo untuk menuju ke lokasi kejadian.

“Kami mendapatkan informasi dari coastguard Singapura dan MRCC Johor Bahru, yang menyebutkan ada kapal yang tenggelam di perairan Batu Putih tujuan ke Bintan,” kata Budi, Kamis (19/4/2018).

Sementara Kapal Unsur Singapura yang diterjunkan, kapal Coastguard 2 unit, Kapal Police Marine 1 Unit, Kapal Navy 1 Unit, Bakamla 1 unit. Sedangkan unsur kapal dari Malaysia, KM Tegas, 30 orang dan Boat Kilat 21.

Selain menerjukan satu tim, Budi mengatakan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Lantamal IV Tanjungpinang dan Lanal Batam, Bakamla, Polairud Polda Kepri, dan PLP Tanjung Uban.

“Bahkan Polairud Polda Kepri menggerakan KN Baladewa dan Pangkalan PLP TUB menggerakkan KN Sarotama P112 dan KN Kalimashada P115 untuk membantu evakuasi korban laka laut tersebut,” ujarnya.

Hingga kini, mengenai kronologis kejadian belum ada pihak terkait memberi keterangan resminya karena para petugas masih melakukan evakuasi terhadap korban dilokasi kejadian.

Namun, atas koordinasi dan kerjasama dari unsur-unsur yang ada, semua penumpang dapat diselamatkan dan dievakuasi menuju Batu Ampar dengan Kapal Baladewa milik Polair Polda Kepri.

Penulis: Bet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here