TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno menerima kunjungan Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan-56 Tahun Pelajaran 2018 di Aula Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Tanjungpinang, Kamis (19/4).

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., dalam kesempatan tersebut antara lain menyampaikan tentang tugas pokok Lantamal IV yaitu menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI AL, pembinaan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan keamanan Negara di bidang maritim, pembinaan teritorial matra laut serta tugas-tugas lain berdasarkan kebijakan Kasal. Selanjutnya melaksanakan operasi keamanan laut tingkat satuan tuas di wilayah kerjanya dan meningkatkan daya guna dan hasil guna unsur-unsur secara optimal dalam pelaksanaan operasi keamanan laut.

Selain tugas pokok Lantamal IV, Dalantamal IV juga menyampaikan fungsi Lantamal IV yaitu menyusun dan melaksanakan rencana dan program pembinaan kemampuan dukungan logistik dan administrasi Lantamal IV beserta sarana dan prasarana pendukung berdasarkan rencana dan program kerja Koarmabar. Selanjutnya melaksanakan pembinaan kemampuan unsur-unsur organik, melaksanakan koordinasi dan kerja sama dengan instansi terkait, membantu SAR di laut, penyelematan penanggulangan bencana alam dan menyelenggakan operasi keamanan laut dalam rangka penegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

Dalam kunjungan tersebut dilaksanakan penukaran cinderamata dari Danlantamal IV Tanjungpinang kepada Ketua Rombongan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan-56 Tahun Pelajaran 2018 Kolonel Laut (KH) Dr. Sudardi SH.MH.

Dalam kegiatan tersebut juga di paparkan Tugas Lantamal IV/TNI-AL dibidang keamanan menegakkan kedaulatan dan hukum dilaut, tugas diplomasi, penyiapan dukungan operasional KRI yang beroperasi di laut di Wilayah Lantamal IV.yang disampaikan Asops Danlantamal IV dengan diawali pemutaran video profil Lantamal IV dan keberhasilan Lantamal IV berantas Narkoba setelah itu dilanjutkan dilanjutkan dengan tanya jawab.

Pasis Seskoal Angkatan-56 yang melakukan kunjungan ke Lantamal IV berjumlah 27 terdiri dari Pasis AL 23 orang, Pasis AU 1 orang, Pasis india 1 orang, Pasis Fiji 1 orang dan Pasis Australia 1 orang serta di damping enam orang Perwira Penuntun.

Kegiatan tersebut dihadiri Wadan Lantamal IV, Para Asisten Danlantamal IV, Dansatrol dan Kakuwil Lantamal IV serta Kadis dan Kasatker serta Komandan yang berada di Lantamal IV. (Penlantamal IV).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here