TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menetapkan Data Pemilih Tetap (DPT) Kota Tanjungpinang sebanyak 141.777 jiwa.

Jumlah tersebut, mengalami pengurangan sebanyak 2.464 jiwa jika dibandingkan dengan Data Pemilih Sementara (DPS).

Sebelumnya, KPU Tanjungpinang menetapkan DPS sebanyak 144.241 jiwa.

Hal ini disampaikan saat KPU Kota Tanjungpinang mengelar rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP tingkat Kota Tanjungpinang menjadi DPT pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang di Hotel CK Tanjungpinang, Kamis (19/4).

Ketua KPU Tanjungpinang Roby Patria mengatakan, pengurangan ini disebabkan adanya identitas ganda pemilih, ada juga pemilih yang terdaftar tidak memenuhi syarat sebagaimana dalam peraturan KPU.

“Maka salah satunya harus kita coret, maka terjadi pengurangan jumlah pemilih di DPT dibandingkan DPS,” ungkap Roby kepada pewarta usai rapat pleno.

Dia memastikan, warga Tanjungpinang yang tidak masuk dalam DPT masih dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Tanjungpinang. Asal, pemilih memiliki elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) atau surat keterangan (Suket) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kota Tanjungpinang.

“Dapat menggunakan hak pilihnya, asalkan menunjukan itu (e-KTP/Suket,red) sesuai dengan alamat tertera, jangan khawatir tidak memilih,” ucapnya.

Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here