TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com- -Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang salah satu pelabuhan yang dijadikan Pilot Project dan Pelabuhan Pertama yang menerapkan Gerakan Transaksi Non Tunai, E-Berthing, dan E-Money di seluruh Pelabuhan di Indonesia.

Hal tersebut akan diterapkan pada 1 Juli mendatang, semua Transaksi di Pelabuhan akan menggunakan sistem E-Parking, E-Pass, dan untuk E-Tiketing akan menyusul pada 15 Juli.

Program E-elektronik tersebut merupakan salah satu tujuan dari konsep pembangunan smart city yang telah dirancang dalam RPJMD Kota Tanjungpinang untuk Mewujudkan Tanjungpinang Smart City.

General Manager (GM) Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan mengatakan, pemberlakuan e-money diterapkan dua sistem, yakni transaksi secara langsung (tunai) dan non tunai melalui kartu perbankan

Untuk memberi kemudahan, pihaknya telah bekerja sama dengan empat bank yakni Bank BNI, Mandiri, BRI dan BCA untuk melayani para penguna jasa laut di SBP.

“Untuk pelabuhan laut di SBP ini menggunakan E-Money atau transaksi non tunai. Baru di Kota Tanjungpinang menggunakan transaksi ini secara nasional,” ucap Wayan kepada sejumlah media usai Launching Go Live e-pass di Pelabuhan SBP.

“Kita kasih batas waktu sampai 15 Juli. Selanjutnya kita akan laksanakan semua pass pelabuhan menggunakan non tunai. Diwajibkan semuanya,” sambungnya.

Setelah selesai menerapkan e-money kata Wayan, kedepanya Pelindo I akan menerapkan e-parking, e-ticket dan distribusi pembayaran elektronik lainnya.

“Kedepan, di periode tertentu, kita akan menjadi full smart terminal,” harapnya.

Bet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here