TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Pemerintah Provinsi Kepri diminta mengantisipasi terjadi inflasi akibat nilai tukar rupiah terhadap dolar yang kian hari kian melesu.

Potensi kenaikan harga barang kebutuhan masyarakat akibat kurs dolar terhadap rupiah bahkan meningkat hingga mencapai Rp15.000 per 1 dolar Amerika.

Demikian disampaikan Ketua Fraksi PKS DPRD Kepri, Ing Iskandarsyah. Ia menyebut, nilai tukar rupiah terhadap dolar sangat berpengaruh di Kepri.

“Kepri ini berbatasan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura, tentu berpengaruh dengan lemahnya rupiah,” ungkap dia.

Persoalan ini, menurut Iskandarsyah harus segera diselesaikan pemerintah pusat dan daerah karena dampak negatif yang akan timbul dimasyarakat adalah harga kebutuhan pokok akan melonjak tinggi bahkan dikhawatirkan jumlah warga miskin bisa meningkat.

Sementara untuk melindungi dampak buruk akibat melemahnya rupiah ini, pemerintah dapat melakukan perencanaan kegiatan dalam anggaran perubahan 2018. Pemerintah dapat melakukan subsidi sembako atau bahkan operasi pasar.

“Jangan pula belanja infrastruktur yang tak penting diprioritaskan, kalau memang mau bisa ditunda dulu, jangan tidak memikirkan masyarakat,” ucap Iskandarsyah.

Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here