TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Polres Tanjungpinang menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018 di lapangan Mapolres Tanjungpinang, Senin (1/10/2018).

Upacara itu mengambil tema ‘Pancasila sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa’.

Polres Tanjungpinang rutin melaksanakan upacara Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun dan juga mengutus Personel sebanyak 1 Pleton untuk melaksanakan upacara di Kantor Gubernur Provinsi Kepri.

Usai upacara, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, S.I.K, MH yang bertindak sebagai Inspektur Upacara sebelumnya menyampaikan, upacara Hari Kesaktian Pancasila sebagai bentuk peringatan mengenang jasa Pahlawan Revolusi yang telah mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara.

“Pancasila tak tergantikan oleh paham komunis atau paham ideologi lainnya,” kata Kapolres.

Polres Tanjungpinang juga melaksanakan pengumpulan atau penggalangan sumbangan untuk korban gempa bumi yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Kapolres mengaku bahwa penggalangan dana tersebut sebagai salah satu bentuk nyata mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

“Yang mana diharapkan hasil dari dana yang terkumpul sedikit banyaknya dapat membantu meringankan beban dari saudara-saudari kita yang menjadi korban,” ujarnya.

Sampai saat ini proses penggalangan dana masih terus berlangsung karena tidak hanya dilakukan di lapangan apel selesai pelaksanaan upacara. Namun juga dihimpun di tiap bagian, satuan, fungsi serta Polsek-Polsek di Polres Tanjungpinang.

“Nantinya dana yang terkumpul tersebut akan disalurkan melalui Sekretariat Penggalangan Dana Gempa Bumi Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah di Kota Tanjungpinang,” tutup Kapolres.

(Ak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here