LINGGA, SIJORITODAY.com – – Minggu (7/10/ 2018) bertempat di Pulau Berhala, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga berlangsung kegiatan Zabak Bersepeda #3 ADVENTURE PULAU BERHALA dalam rangka semarak HUT Kabupaten Tanjabtim ke-19 Tahun 2018.

Kegiatan bersepeda yang memulai start di Kantor Bupati Tanjabtim dan selanjutnya mengambil rute ke Kecamatan Sabak Timur- Kecamatan Rantau Rasau- Kecamatan Nipah Panjang dan kemudian kegiatan tour tersebut berakhir di Pulau Berhala Kecamatan Singkep Selatan Kabupaten Lingga.

Sedikitnya 80 pesepeda mengikuti kegiatan peringatan 19 Tahun berdirinya Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi dan kegiatan bersepeda ini juga sekaligus sebagai upaya ikut mempromosikan Pulau Berhala sebagai salah satu Destinasi Wisata unggulan yang Ada di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Asisten II Pemkab Lingga Yusrizal SH yang hadir mewakili Bupati Lingga pada kesempatan tersebut menyampaikan permohonan maaf dan salam dari Bupati Lingga yang berhalangan hadir karena sedang berada di luar daerah dalam mempersiapkan kedatangan Presiden RI ke Lingga dalam waktu dekat ini.

“Kami ucapkan terima kasih atas upaya teman-teman dari Tanjab Timur untuk ikut mempromosikan wisata di Pulau Berhala,” ujar Yusrizal didampingi Danramil Dabo Singkep Kapten Inf. Rusdianto, Kapolsek Dabo Singkep IPTU Muhammad Chanifa S.pd, Kabid Perda Satpol PP Febrizal Taupik serta Camat Singkep Selatan Muhammad Saman.

Dalam kesempatan yang sama, Wakapolres Tanjung Jabung Timur Kompol Ali Sadikin SE menyampaikan ucapan Terimakasih Kepada Bapak Asisten II yang mewakili Bupati Lingga beserta rombongan yang telah hadir bersama-sama menyaksikan Kegiatan Zabak Bersepeda #3 ADVENTURE PULAU BERHALA.

Benda Purbakala Di Pulau Berhala

Selesai mengikuti kegiatan bersepeda, Asisten II Pemkab Lingga Yusrizal SH beserta rombongan yang didampingi Kades Berhala Muhammad Ali selanjutnya melakukan peninjauan lokasi penemuan Benda antik yang diduga mengandung nilai sejarah dan budaya.

Penemuan Benda antik oleh masyarakat setempat dilaporkan pada 19 September 2018 lalu yang sedang melakukan penggalian pasir dengan kedalaman -+ 2 (Dua) meter untuk Proyek pengerjaan Pembangunan Destinasi Wisata di Pulau Berhala , adapun jenis barang yang ditemukan antara lain berupa Guci, Mangkok, Tempayan besar, Tempayan kecil dan Patahan gelang.

Barang-barang penemuan tersebut telah diamankan di Kantor Desa untuk Selanjutnya diserahkan kepada Pemkab Lingga melalui Dinas Kebudayaan.
(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here