TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Kota Tanjungpinang mempersiapkan penyeragaman mengenai administrasi perpustakaan sekolah se-Kota Tanjungpinang. Hal ini disampaikan dalam Silaturahmi bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Selasa (6/11).

Ketua ATPUSI Kota Tanjungpinang, Fakhriyansyah, S.Pd dalam pertemuan tersebut mengatakan, administrasi perpustakaan merupakan bagian penting dan vital selain pelayanan kepada pemustaka.

“Pengelola Perpustakaan bukan sekedar melayani pemustaka saja, tapi harus mempersiapkan administrasi perpustakaan yang cukup banyak. Buku induk adalah hal terpenting dan vital. Melalui buku induk itu, kita sebagai pengelola perpustakaan bisa mengetahui jumlah buku yang ada, klasifikasi buku dan identitas buku tersebut,” ungkapnya.

Fakhri mengaku banyak Perpustakaan di beberapa sekolah sudah tergolong sangat baik namun untuk di beberapa sekolah dasar perlu adanya pembenahan secara signifikan dari segi SDM, administrasi dan sistem pelayanan.

“Berdasarkan hasil monitoring dan penilaian Perpustakaan yang sudah dilakukan, ada beberapa sekolah yang sudah termasuk kategori sangat baik dan baik. Namun di beberapa SD perlu adanya pembenahan secara signifikan terkait SDM, pelayanan dan administrasi. Saya kira ini perlu perhatian khusus untuk dilakukan pembinaan,” lanjut Fakhri.

ATPUSI Kota Tanjungpinang berupaya untuk memberikan kesempatan kepada para pengelola perpustakaan bersama-sama membenahi dan menambah wawasan serta pengetahuan mengenai Perpustakaan.

“Kami membuka diri bagi para pengelola perpustakaan sekolah untuk membenahi dan sama-sama belajar terkait administrasi perpustakaan. Setiap bulannya kami adakan pertemuan rutin yang membahas materi-materi Perpustakaan, kami persilahkan untuk bergabung,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Drs. H. Wan Samsi, MM sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh ATPUSI Kota Tanjungpinang. Menurutnya, pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip sangat terbantu dengan adanya ATPUSI ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada ATPUSI Kota Tanjungpinang yang selama ini aktif dalam pembinaan Perpustakaan sekolah. Kami sangat terbantu dalam menjalankan tugas. Semoga melalui pertemuan ini dapat menjadikan Perpustakaan Sekolah yang ideal dan maju sesuai dengan harapan kita bersama,” ungkap Wan Samsi.

Untuk pertemuan ini, ATPUSI Kota Tanjungpinang mengundang seluruh Pengelola Perpustakaan SMP dan MTs Se-Kota Tanjungpinang dan akan dilakukan juga untuk seluruh Pengelola Perpustakaan SD pada bulan berikutnya agar dapat dilakukan pembenahan dan pembinaan lebih lanjut agar seluruh Perpustakaan Sekolah di Kota Tanjungpinang administrasinya dapat seragam dan optimal. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here