TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menyampaikan Laporan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Tahun Anggaran 2019 dalam rapat paripurna di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Provinsi Kepri, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kamis (22/11).

Dalam penyampaiannya, Nurdin menjabarkan bahwa pada Tahun Anggaran 2019 terdapat lima prioritas dalam penggunaan anggaran, antara lain: Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan; Pengembangan Ekonomi Kerakyatan; Pengembangan Pusat Kebudayaan Melayu; Pengembangan Infrastrukur Wilayah; dan Pengembangan Tata Kelola Pemerintahan yang Akuntabel.

“Kelima prioritas tersebut dijadikan acuan dalam penyusunan berbagai program dan kegiatan yang diharapkan dapat berfungsi sebagai instrumen untuk pencapaian sasaran dari masing-masing prioritas tersebut,” ujar Nurdin

Adapun Pemerintah menetapkan tema pembangunan Tahun 2019 adalah Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan ekonomi, keberlanjutan infrastruktur serta pengembangan pusat kebudayaan melayu.

Nurdin melanjutkan, selain kelima prioritas diatas tersebut, penyusunan APBD TA 2019 ini juga telah mempertimbangkan kewajiban-kewajiban yang sudah digariskan oleh Pemerintah Pusat, kebutuhan lain yang mengikat dan mendesak yang harus dilaksanakan Pemda maupun menampung penyesuaian Pendapatan dan Pembiayaan pada APBD TA 2019.

“Pada TA 2019, APBD kepri direncanakan sebesar Rp.3,659 Triliyun,” lanjut Nurdin.

Sementara itu, Ketua DPRD Jumaga Nadeak mengatakan bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) merupakan dasar bagi pengelolaan keuangan daerah, untuk itu Pemerintah perlu menjelaskan dan memberikan rancangan yang akan digunakan bagi pelaksanaan ditahun anggaran tersebut.

Jumaga melanjutkan, bahwa pengelolaan anggaran tersebut secara umum telah dijabarkan pada penandatanganan nota kesepahaman KUA/PPAs dan telah tergambar secara komperhensif dengan pagu anggaran sebesar Rp. 3.659 Triliyun yang mana mengalami peningkatan sebesar 13.01 persen (Rp.421 Miliyar).

“Kita berharap dengan meningkatnya pagu anggaran untuk tahun depan, maka meningkat pula kesejahteraan dan pembangunan bagi masyarakat sebagaimana sesuai denga strategi kebijakan yang telah kita ambil,” kata Jumaga.

Tampak Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Rizki Fasial dan Husnizar Hood, Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah, Perwakilan FKPD, Anggota Dewan berserta tamu undangan lainnya.

~Hum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here