TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meminta semua pihak agar dapat mensukseskan perhelatan Porporv IV tahun 2018 yang mana selain menumbuh kembangkan para generasi penerus yang handal dibidang olah raga juga dapat memberikan daya tarik baru bagi daerah.

“Ayo kita maksimalkan peran cabang olah raga sebagai destinasi baru bagi daerah,” ujar Nurdin saat membuka Cabang Olah Raga Pencak Silat, Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) IV Tahun 2018 di TCC Mall, Tanjungpinang, Selasa (27/11) petang.

Untuk itu Nurdin bertekad bahwa, Pemerintah Daerah akan mendirikan sarana dan pra sarana olah raga yang lengkap dan memadai, agar dapat semakin memudahkan pergerakan olah raga itu sendiri sehingga dapat lancar dan baik.

“Karena dengan itu tentu banyak hal positif yang mengiringi seperti daya tarik baru, menambah kunjungan wisatawan dan semakin mengenalkan Kepri sebagai Pusat dari berbagai wisata salah satunya olah raga hingga ke Nasional maupun Internasional dengan prestasi yang membanggakan tersebut,” lanjut Nurdin.

Nurdin berharap kepada para peserta agar dapat menampilkan kemampuan yang berkualitas dan maksimal sehingga meraih hasil terbaik serta kepada para dewan juri agar dapat memimpin jalannya pertandingan dengan adil dan lancar.

“Junjung tinggi sportivitas karna kita semua bersaudara, banggakan diri sendiri, orang tua dan orang tua dengan prestasi yang maksimal,” pesan Nurdin.

Sementara itu, Ketua IPSI Provinsi Kepri Huzrin Hood menyampaikan bahwa salah satu tujuan perlombaan dilakukan adalah untuk menyaring para bibit-bibit muda yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang pencak silat.

“Sembari mempersiapkan daerah untuk mencari para peserta terbaik yang akan diikut sertakan pada perhelatan dijenjang yang lebih tinggi selanjutnya,” kata Huzrin.

Huzrin melanjutkan bahwa IPSI Provinsi Kepri juga akan segera melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama Kwarda Pramuka dan Dinas Pendidikan terkait keikutsertaan Pencak Silat dalam pendidikan agar masuk dalam kurikulum di sekolah.

“Agar semakin banyak lagi para generasi muda yang dapat fasilitas untuk mengembangkan kemampuannya dibidang pencak silat ini,” lanjut Huzrin.

Adapun total peserta yang mengikuti pertandingan cabang pencak silat pada Porprov IV ini adalah sebanyak 93 orang atlet dengan dibagi ke dalam 22 kelompok yang masing-masing kelompok berisikan maksimal 7 orang. Dengan Kategori yang dilombakan adalah Putra, Putri, Ganda Putra, Ganda Putri, Regu Putra dan Regu Putri.

Pembukaan sendiri ditandai dengan pemukulan gong sebanyak lima kali oleh Gubernur, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar janji Wasit oleh Ade Setyo dan Janji Atlet oleh Rangga Julianto, lalu pembawaan Keris Mandat yang diserahkan kepada Ketua IPSI Provinsi Kepri.

Hum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here