BATAM, SIJORITODAY.com – –  Solidaritas Save BP Batam yang terdiri dari akademisi, praktisi hukum, LSM, dan pelaku usaha berencana akan melaporkan Menko Ekuin, Darmin Nasution ke DPR RI. Rencana tersebut, buntut dari  kebijakan Menko Ekuin yang mewacanakan pembubaran atau peleburan BP Batam ke Pemko Batam.

“Tindakan Menko Ekuin Bapak Darmin Nasution kami anggap sebagai kebijakan yang menyalahi aturan, karena pembubaran atau peleburan tidak melalui mekanisme dan aturan hukum ketatanegaraan,” ungkap Koordinator Solidaritas Save BP Batam, Jamaluddin Sagala, SPi dalam rilisnya, Jumat, 14 Desember 2018.

Jamal mengatakan, kebijakan tersebut selain melabrak aturan hukum yang berlaku, juga dinilai tindakan  Menko Ekuin Darmin Nasution mengakibatkan suasana gaduh di Batam terlebih investor asing yang menanamkan modalnya saat ini. Sehingga muncul ketidakpastian investasi. Ia menganggap  sebagai perbuatan yang egois dan mementingkan diri sendiri sehingga merugikan pelaku usaha khususnya dan masyarakat Batam umumnya.

“Dalam hal ini kami dari Solidaritas Save BP Batam menolak dengan tegas wacana pembubaran atau peleburan secara sepihak tanpa melalui mekanisme aturan hukum tata negara yang berlaku di NKRI,” tandas Jamal.

Dia menegaskan, Solidaritas Save BP Batam akan melaporkan tindakan  Menko Ekuin ke DPR RI mengingat tindakan Menko Ekuin sudah melampaui kewenangannya.

Mendesak DPR RI untuk segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) BP Batam dengan dasar, kuat dugaan pembubaran atau peleburan BP Batam hanya untuk memuluskan kepentingan sekelompok orang tanpa memikirkan nasib masyrakat Batam.

“Solidaritas Save BP Batam akan meminta KPK menelusuri dugaaan adanya konspirasi antara petinggi pusat dan daerah serta pengusaha dalam persoalan ini,” tegasnya.

Jamal juga meminta kepada semua pihak agar sama-sama menjaga kondusifitasnya Kota Batam dari berbabagai macam gelojak sosial.

Selain itu, pihaknya juga sesalkan tindakan arogansi Satpol PP Batam yang telah merampok hak berdemokrasi dengan jalan mencopot seluruh spanduk aspirasi yang sedang terpasang. (Ed)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here