Muhammad Sahir, Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemko Batam. Foto : doni

BATAM, SIJORITODAY.com– – Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemerintahan kota Batam, dihebohkan dengan beredarnya surat permintaan sumbangan yang ditanda tanggani Sekterais Daerah.

Dalam surat disebutkan diminta kesedian para PNS untuk memberikan sumbangan sebesar 50.000 rupiah bagi membantu membayar denda terpidana korupsi ABD.Samad. S.ag.

Surat tertanggal 26 Desember 2018 ditanda tanggani atas nama Walikota Batam Sekretaris Daerah Jefridin. Surat dengan nomor 340/BKPSDM-PPIF/XII/2018 perihal Permohonan Bantuan merupakan  tindak lanjut dari surat ABD. Samad pada tanggal 11 Juli 2018.

Isi surat menyebutkan, berdasarkan keputusan kasasi Mahkamah Agung.  ABD Samad divonsi dengan hukuman pokok 4 tahun penjara dan denda kerugian negara sebesar 626.360.000 rupiah.

Atas dasar itu, pemerintah kota Batam memohon pada segenap pegawai negeri sipil memberikan bantuan sumbangan sebesar 50.000, yang akan digunakan untuk meringankan membayar denda kerugian negara yang dibebankan pada terpidana ABD Samad.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemko Batam, Muhammad Sahir, ketika ditemui sejumlah media pada Rabu (16/1) di kantornya membenarkan surat permohonan bantuan tersebut.

“Dasarnya sederhana sekali bahwa atas dasar jiwa korsa terhadap sesama pegawai dan surat dari istri pak Samad untuk membantu meringankan”, ungkap Muhammad Sahir.

Ada sekitar 5.000 PNS di lingkungan pemko Batam, jika masing masing membantu sumbangan sebesar 50.000 rupiah maka akan terkumpul dana sekitar 250.000.000 rupiah. Sumbangan dikoordinasikan Kasubbag Umpeg OPD disampaikan pada BKPSDM untuk kemudian diserahkan pada yang bersangkutan.

Terpidana ABD Samad mantan Kasubbag Bantuan Sosial pada Bagian Kesra Sekretariat Daerah kota Batam kini sedang mendekam di rumah tahan kelas I Tanjungpinang, terkait kasus korupsi dana hibah 6.4 milyar Bantuan Sosial Pemko Batam.

Penulis : doni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here