JAKARTA, SIJORITODAY.com – – Meski telah satu dekade terbentuk, namun belum banyak yang mengenal Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten termuda di Provinsi Kepulauan Riau itu merupakan daerah yang hampir 98% nya wilayahnya adalah perairan dan sangat kaya akan potensi kemaritiman.

Menyadari potensi besar yang dimiliki kampung nya, segenap warga Anambas yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya yang terhimpun dalam wadah Kerabat Anambas Jabodetabek (KAJ), terus menerus secara aktif mengadakan berbagai kegiatan baik yang bersifat pentas seni dan budaya maupun kegiatan sosial lain nya dengan tujuan menjadikan Anambas sebagai destinasi kunjungan wisata maupun investasi.

Savitri Sulaiman SE, selaku Ketua Umum KAJ saat menyampaikan agenda besar KAJ di bulan April mendatang melalui rilis yang diterima pada Sabtu(2/3/2019), menguraikan bahwa KAJ berencana melaksanakan kegiatan Anak Kampong Anambas Sedunia Balik Kampong 2019 yang disebut kemudian dengan Balek Kampong pada 21 April 2019 mendatang.

Dalam kegiatan kolosal tersebut, akan melibatkan para putra putri Anambas yang berada di perantauan dan kegiatan Balek Kampong ini juga di lakukan dengan 80% biaya swadaya dan sisanya adalah pelibatan sponsor. “Kami budak Anambas ni kompak meskipun di perantauan dapat dipersatukan”, ujar Savitri.

Satu hal yang paling membanggakan adalah banyak nya putra dan putra Anambas yang berkiprah di luar Anambas bahkan di luar negeri dan mereka semua adalah orang-orang yang sukses di bidang nya masing-masing.

Salah seorang putra Anambas yang telah sukses di perantauan sebut saja Ir. Fachrizal atau yang akrab disapa Ical Long Enon, merupakan seorang yang sudah berpengalaman di perusahaan Migas dan telah merantau ke berbagai belahan dunia. Namun kini Ical di dapuk oleh para sesepuh Anambas di perantauan sebagai Ketua Pelaksana even Balik Kampong dan buat Ical hal tersebut adalah sebuah tanggungjawab yang besar. “Saye merasa ini sebuah kerja besar dan mari kite Balik Kampong untuk membangun Anambas”, ajak Ical penuh semangat.

Balek Kampong bukan sekadar kegiatan jalan-jalan namun berisi berbagai aktifitas yang mampu membetot atensi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas secara khusus dan masyarakat Anambas pada umumnya. Sebut saja kegiatan pemasangan biopori untuk resapan air, pementasan seni, Focus Group Discussion yang menampilkan pembicara dari berbagai disiplin ilmu, Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan ada kegiatan pengumpulan buku untuk taman bacaan Arung Hijau.

“Kami sudah bertemu pak Bupati dan dukungan dari Pemkab sangat besar terhadap kegiatan ini”, tambah Ical lagi,

Selain itu, Bupati juga berpesan agar masyarakat Anambas yang berada di perantauan dapat mentransfer ilmu nya dan kontribusi positif lain nya bagi pembangunan Anambas terutama pembangunan Sumber Daya Manusia yang handal dan berdaya saing. “Saya bangga banyak Budak Anambas yang hebat di perantauan”, ujar Bupati Anambas, Abdul Haris.

 

(Ridho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here