TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Usai mengunjungi tempat layanan kependudukan dan percetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Anggota DPRD Tanjungpinang Dapil Kecamatan Tanjungpinang Timur, Petrus Marulak Sitohang, SE.Ak langsung mendatangi sejumlah pedagang di kompleks Bintan Center, untuk mendengarkan langsung keluhan para pedagang. Hal ini dilakukannya dalam rangka kegiatan resesnya, Selasa (12/3/2019).

Ia mengatakan, hari ini ada dua lokasi yang dikunjunginya dalam kegiatan reses. Pertama, dirinya ke Disdukcapil dan diakuinya telah ada progres percetakan, bahkan 5 menit dapat tercetak KTP jika dokumen persyaratan lengkap.

Hanya saja keluhan yang disampaikan para petugas pelayanan, mereka kekurangan sumber daya manusia serta peralatannya yang dimiliki kurang memadai, sedangkan tumpukan data begitu banyak.

Tidak hanya itu, agenda selanjutnya Petrus melakukan kunjungan ke sejumlah pedagang Bintan Center.

Petrus menyampaikan, saat melakukan diskusi kepada para pedagang mereka mengeluhkan adanya perbedaan harga sewa lapak maupun kios-kios di Pasar Tradisional Komplek Bintan Center.

Banyak pedagang-pedagang yang membayar sewa terlalu mahal karena merek (pedagang) mengambil dari tangan pertama.

Berdasarkan infomasi yang diperoleh Petrus, terdapat 3 (tiga) kategori penyewaan lapak, diantaranya antara pedagang langsung dengan sinar Bahagia, BUMD serta ada pedagang langsung membeli putus.

Ia mengungkapkan, para pedagang merasa terbebani atas jumlah sewa yang bervariasi. “Tadi para pedagang menyampaikan untuk menyewa tempat dagangan mereka harus merogoh kocek Rp. 175 hingga Rp.350 Perbulannya sedangkan uang kebersihan senilai Rp.8000 setiap harinya,” ucapnya.

“Dari 30 kios milik BUMD saat ini disewakan lapak ikan Rp. 350.000 dan lapak sayur 175.000,” sambungnya.

Ia pun akan berupaya memberikan kemudahan kepada para pedagang.
“Kita akan lakukan Kordinasi dengan Disperindag, dan BUMD serta sinar bahagia untuk menata ulang perihal sewa lapak dagangan ini sekaligus masalah penataan pasar akan dibenahi, paking lambat tanggal 14 ini itu sudah di urus sinar bahagia,” tutupnya.

Laporan: Bet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here