TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Bukit Bestari ke-XII tahun 2019I di halaman Kantor Camat Bukit Bestari, Jalan Raya Dompak, Kamis (21/03) sekitar pukul 08.00 Wib.

MTQ yang bertemakan “Dengan Semangat MTQ XIII Tahun 2019 Kecamatan Bukit Bestari, Menyatukan Langkah Mewujudkan Pembangunan Tanjungpinang Yang Religius dan Berbudaya” bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang pendidikan Al’quran dalam mempertebal kualitas keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT, dan para Qori dan Qari’ah yang terdapat di Kecamatan Bukit Bestari maupun di Kota Tanjungpinang dalam menghasilkan prestasi menuju ke tingkat Nasional maupun Internasional.

Camat Bukit Bestrari, Faisal Pahlevi dalam sambutannya mengatakan, acara MTQ ini digelar untuk memperkuat pemahaman generasi muda tentang Al’quran sebagai sarana dalam membangun dan mempersiapkan generasi muda Qur’ani yang tidak hanya handal dalam ilmu pengetahuan maupun teknologi, tetapi memiliki tingkat keimanan dan ketaqwaan yang tinggi.

“Seluruh rangkaian pelaksanaan MTQ ini dilaksanakan selama 3 hari, dimulai pada hari kamis (21/03) sampai dengan hari sabtu (23/03),”ungkap Faisal.

Dikatakan Faisal, untuk cabang perlombaan Musabaqah maupun lomba lainnya meliputi cabang Tartil, cabang Tilawah tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa, lomba kompang dewasa, lomba Marawis dewasa, lomba Marawis remaja, dan dikuti oleh peserta sebanyak 45 orang yang terdiri dari masing-masing kelurahan yang terdapat di Kecamatan Bikit Bestari, yakni Kelurahan Tanjungpinang Timur, Kelurahan Dompak, Kelurahan Sungai Jang, Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Kelurahan Tanjung Unggat.

Seluruh pembiayaan yang berkenaan dengan pelaksanaan MTQ ini dibiayai oleh APBD Pemerintah Kota Tanjungpinang, melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Kecamatan Bikit Bestari tahun anggaran 2019.

“Harapan saya semoga nantinya Pemerintah Kota Tanjungpinang agar dapat mengembangkan dan membantu membangun pesantren maupun Qur’an Centre guna meningkatkan pendidikan Al’quran, karena saat ini putra-putri terbaik MTQ di Kecamatan ini masih bersekolah di Qur’an Centre di Batam,” harap Faisal.

Dikesempatan yang sama, Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd mengatakan, Kegiatan MTQ ataupun STQ setiap tahun selalu dilaksanakan dimulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota maupun tingkat Nasional.

“Ini adalah bentuk upaya kita dalam mengajarkan generasi harapan bangsa untuk dapat memahami dan memaknai Al’quran sebagai pedoman hidup, untuk itu mari kita bergandeng tangan bahu-membahu seluruh lapisan elemen masyarakat untuk sama-sama bagaimana membentuk kota Tanjungpinang agar seluruh masyarakatnya dapat mengamalkan ajaran Al-quran,”terang Syahrul.

“Biasanya kecamatan Bukit Bestari dan Kecamatan Tanjungpinang Timur selalu bergandeng untuk memperebutkan piala bergilir atau juara umum ditingkat Kota, “pungkas Syahrul.

Dikatakan Syahrul, saat ini Pemerintah Kota Tanjungpinang mulai tahun 2019 sudah memimpin Qur’an Centre, serta akan dibangun Qur’an Centre tersebut dengan dana pertama sebesar 5 miliar dan mungkin berlanjut di tahun selanjutnya.

Ditempat yang sama, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun juga mengatakan, MTQ ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh pemerintah, mulai dari tingkat Kelurahan sampai bahkan kita sudah mengikuti ke tingkat Internasional.

Dikatakan Nurdin, dibidang keagamaan di Provinsi Kepri selama ini berjalan dengan baik dan memberikan kebanggaan bagi masyarakat dan pemerintah. Walikota Tanjungpinang juga nantinya akan membangun Qur’an Centre. Mengenai hal tersebut kedepannya akan dirundingkan bersama Walikota Tanjungpinang apakah Pemerintah Provinsi Kepri boleh ikut berpartisipasi untuk membantu dalam membangun Qur’an Centre tersebut.

“Siapa bilang anak pulau, anak melayu tidak bisa ikut berpartisipasi sebagai harapan bangsa dalam menciptakan prestasi khususnya dibidang keagamaan, oleh karena itu sengaja saya bawa rizki yang merupakan salah satu peserta yang akan ikut MTQ tingkat Internasional di Iran pada bulan April ini,” papar Nurdin.

“Saya harapkan MTQ yang dilaksanakan oleh pemerintah ini semoga menghasilkan anak-anak yang berprestasi dan semoga generasi muda lainnya dapat termotivasi untuk mencapai kesuksesan dibidang MTQ ini sampai ke tingkat Internasiona,” tutup Nurdin.

Diakhir acara, diberikan piala bergilir oleh Kelurahan Sungai Jang kepada Camat Bukit Bestari untuk diberikan kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) untuk diperebutkan kembali, serta peresmian MTQ diresmikan secara langsung oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama Walikota Tanjungpinang H. Syahrul ditandai dengan dipukulnya beduk disaksikan Camat Bukit Bestari dan para Lurah se-Kecamatan Bukit Bestari.

Laporan: Rd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here