TANJUNGPINANG,- – Pariwisata dapat dikatakan sebagai tulang punggung kemajuan ekonomi dari suatu daerah, bahkan bangsa. Baik pariwisata alam, pariwisata budaya, maupun pariwisata olahraga. Mengingat letak wilayah yang strategis yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga seperti, Malaysia dan Singapura, sehingga potensi pariwisata yang dimiliki oleh Provinsi Kepulauan Riau yang beranekaragam, mulai dari wisata bahari hingga wisata religinya akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Melihat potensi yang ada saat ini masih belum tergarap dengan baik oleh Pemerintah Daerah, maka Derry Purnamasari bersama Sahabat Derry mencoba untuk melakukan langkah untuk dapat menggali lagi strategi pengembangan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal sebagai penunjang daya tarik wisata di Provinsi Kepulauan Riau.

Dengan visi “Menjadikan Provinsi Kepulauan Riau Sebagai Kawasan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata”.

Melalui Visi ini, Derry Purnamasari bersama dengan Sahabat Derry mencoba memberikan sebuah pemahaman bahwa Pariwisata selalu berkaitan erat dengan ekonomi. Dimana dalam hal ini ekonomi kreatif, orang-orang selalu mengedepankan idenya agar apapun yang mereka kerjakan menjadi bernilai ekonomi. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya, bahkan terkadang tanpa disadari mereka juga telah ikut serta dalam mengembangkan ekonomi di daerahnya.

Untuk dapat mewujudkan visi tersebut Derry Purnamasari menjabarkan kedalam beberapa Misi diantaranya :

1. Bersama-sama dengan Pemerintah Daerah untuk melakukan Promosi daya Tarik objek wisata budaya lokal dengan tetap mengedepankan kearifan budaya local masyarakat Kepulauan Riau.

2. Peningkatan Kelembagaan Ekonomi Pelaku Pariwisata Lokal dengan melatih Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan Pariwisata serta Budaya Daerah.

Misi Pertama : Bersama-sama dengan Pemerintah Daerah untuk melakukan Promosi daya tarik objek wisata local dengan mengedepankan kearifan budaya local masyarakat Kepulauan Riau.

Dalam rangka promosi daya tarik objek wisata lokal di Propinsi Kepulauan Riau, Derry Purnamasari bersama-sama dengan para sahabatnya yang mereka sebut “Sahabat Derry” mencoba mengemas beberapa event wisata olahraga, yang diantaranya sudah dilakukan adalah :

1. Melakukan Touring Wisata Trabas Hutan bersama Komunitas BAMX Bintan, melalui kegiatan ini Pemuda-Pemuda yang tergabung dalam komunitas tersebut dapat mempromosikan daya tarik daerah-daerah yang dikunjungi sehingga nantinya para wisatawan local maupun manca negara tertarik untuk datang dan mengikuti olahraga yang bersifat advanture ini, menyatu dengan alam dan dekat dengan masyarakat setempat.

2. Mendukung atlit-atlit daerah untuk dapat bertanding di kancah nasional, Derry Purnamasari bersama dengan “Sahabat Derry” telah mensponsori seorang anak muda dari Kepulauan Riau putra daerah asli Kijang – Kab. Bintan saudara Arif Kurniawan untuk dapat mengembangkan bakatnya di bidang Olah Raga Balap Motor, melalui kegiatan ini diharapkan agar nantinya dapat mengangkat nama Propinsi Kepulauan Riau agar lebih dikenal lagi. Selain itu juga beberpa event olah raga local seperti footsal juga disponsori oleh “Sahabat Derry” dengan harapan pemuda-pemuda ini nantinya dapat mengembangkan potensinya lebih baik lagi.

3. Kepulauan Riau memiliki banyak spot-spot wisata bahari , dengan pantainya yang indah berpasir putih, seperti Pantai Padang Melang di Kab. Anambas, Pantai Trikora Tg.Pinang, Pantai di Pulau Senoa yang terletak di wilayah Kab. Natuna dan banyak lagi s ehingga pengembangan potensi olah raga air seperti Snoorkling, Dragon Boat, dan lainnya sangat memungkinkan untuk dapat dikembangkan agar para wisatawan lokal maupun mancanegara akan lebih sering lagi berkunjung ke Propinsi Kepulauan Riau.

Misi Kedua : Peningkatan Kelembagaan Ekonomi Pelaku Pariwisata Lokal dengan melatih Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan Pariwisata serta Budaya Daerah.

Dalam rangka peningkatan Kelembagaan Ekonomi Pelaku Pariwisata Lokal dengan melatih Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan Pariwisata serta Budaya Daerah, Derry Purnamasari bersama “Sahabat Derry” telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya :

1. Bekerjasama dengan Dekranasda dan PKK untuk mengembangkan Ekonomi kreatif masyarakat berbasiskan home industry/usaha rumahan yang dilakukan oleh kaum perempuan seperti melestarikan kue-kue tradisional, membatik, menenun kain songket, pengolahan kerupuk dll.

2. Meningkatkan keterampilan Ibu-Ibu ataupun generasi muda di bidang tata rias pengantin melalui kegiatan “Workshop Rias Pengantin” sehingga kaum ibu maupun remaja wanita yang menginginkan mempunyai usaha sendiri secara tidak langsung juga dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

3. Mengadakan “Talkshow Parenting” bagi para ibu-ibu muda tentang bagaimana menjadi orang tua yang baik untuk anak-anaknya sehingga nantinya melalui kegiatan ini diharapkan tidak akan ada lagi timbul permasalahan kenakalan remaja dan permasalahan rumah tangga lainnya.

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan aspek pengembangan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal dalam menunjang daya Tarik wisata pada Propinsi Kepulauan Riau meliputi; Aspek potensi perwujudan kawasan permukiman sangat mendukung seperti upacara adat, kesenian, bentuk kerajinan rakyat, cerita rakyat, keindahan alam, dan keanekaragaman flora dan fauna. Akan tetapi terdapat pula permasalahan pokok yang menjadi kelemahan dan ancaman, meliputi; aspek infrastruktur di bidang pariwisata yang masih terbatas bahkan sebagian belum tersedia, Sedangkan, aspek aksesibilitas yang rendah akibat dari kondisi jalan yang kurang baik, keterbatasan fasilitas di lingkungan permukiman; keterbatasan infrastrukur transportasi menuju lokasi studi, serta belum maksimalnya upaya promosi dan belum tersedianya Tourist Information Center (TIC). Semoga Kedepannya Potensi ini dapat dikemas dan dikembangkan lebih baik lagi untuk kemajuan Propinsi Kepulauan Riau.
(Ak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here