TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com –Bawaslu Kota Tanjungpinang, memastikan seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu yang masih terpasang di berbagai wilayah setempat akan ditertibkan hari ini.
Penertiban melibatkan tim gabungan yang  terdiri dari pihak kepolisian, satpol pp, dan KPU. Termasuk tim dari Dinas Perkim yang bertugas menurunkan baliho menggunakan “Crane”.
“Tim sudah kita sebar ke 18 kelurahan buat menertibkan seluruh APK,” kata Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Zaini, Minggu (14/4).
Menurut Zaini, untuk penertiban APK ini pihaknya terlebih dahulu melakukan pendekatan persuasif dengan menyurati seluruh partai politik, calon legislatif, serta tim kampanye capres dan cawapres supaya menertibkan APK mereka paling lama, Sabtu (13/4), pukul 00.00 WIB.
Namun, hasil pantauan Bawaslu di lapangan ternyata masih ada APK yang belum diturunkan.
Kondisi itu, kata Zaini, dapat dimaklumi karena peserta Pemilu masih memanfaatkan momen malam terakhir untuk berkampanye sebelum memasuki masa tenang.
“Oleh karena itu hari ini kita hanya membersihkan sisa-sisa APK saja,” ucapnya.
Selain itu, Bawaslu turut mengharapkan radius 200 meter dari TPS semua APK, spanduk, baliho, serta poster dan selebaran harus streil.
“Kami sudah instruksi pengawas TPS berkoordinasi dengan KPPS memastikan radius 200 meter bebas dari APK dan bahan kampanye,” tuturnya.
(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here