TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – PDI Perjuangan merupakan Partai pemenang pemilu tahun 2019, khususnya di Provinsi Kepulauan Riau. Kemenangan tersebut diraih baik di tingkat DPRD Provinsi Kepri, maupun DPRD Kota Batam dan DPRD kota Tanjungpinang.

Atas kemenangan tersebut, maka dapat dipastikan porsi Ketua DPRD baik untuk DPRD Provinsi Kepri maupun DPRD Kota Batam dan Tanjungpinang adalah milik PDI Perjuangan.

Namun soal siapakah yang akan menduduki posisi Ketua DPRD baik di DPRD Provinsi Kepri, maupun di Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau masih menjadi tanda tanya.

Kendati demikian, sudah mulai berkembang berbagai opini dan asumsi bahkan spekulasi publik terkait jabatan ketua DPRD. Hal tersebut, bukan hanya terjadi di media sosial justru juga menjadi perbincangan di kedai kopi khususnya di Kota Tanjungpinang dan Batam.

Menanggapi berbagai isu dan opini yang berkembang terkait hal tersebut, salah seorang senior PDI Perjuangan yang juga merupakan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang, Drs. Asep Nana Suryana angkat bicara.

“Soal siapa yang akan ditunjuk sebagai Ketua DPRD, baik untuk DPRD Provinsi Kepri maupun DPRD Kota Tanjungpinang itu semua sudah ada mekanismenya di PDI Perjuangan,” kata Asep Nana Suryana, Senin (22/07/2019).

Ia mengatakan, mekanisme tersebut merupakan kewenangan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan.

“Sesuai mekanisme, DPD PDI Perjuangan Provinsi maupun DPC PDI Perjuangan di tingkat Kabupaten/Kota hanya mengusulkan beberapa nama yang akan direkomendasikan sebagai Calon Ketua DPRD. Dari usulan nama-nama tersebut yang kemudian digodok oleh DPP, untuk menentukan siapa yang akan ditunjuk sebagai Ketua DPRD,” tambah Asep saat ditemui di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang.

Disinggung siapa saja nama-nama yang sudah direkomendasikan kepada DPP, Asep mengatakan hal tersebut juga belum dibahas ditingkat internal Partai.

Asep berharap agar masyarakat tidak berspekulasi dan beropini yang macam-macam, tetapi memberikan kepercayaan kepada PDI Perjuangan untuk menjalankan terlebihdahulu mekanisme yang ada di Partai.

“Siapapun yang nantinya di tunjuk sebagai Ketua DPRD, maka dialah yang diberikan kepercayaan DPP sebagai Petugas Partai di lembaga legislatif. Namun kita yakin bahwa DPP akan mempertimbangkan banyak faktor sebelum mengambil keputusan, selain menyangkut kepentingan partai tentu juga akan mempertimbangkan struktur partai dan karakteristik daerah,” tutup Asep.
(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here