TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang menggelar Pemilihan Duta Lingkungan Hidup tingkat kota Tanjungpinang tahun 2019.

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, di Aula Gedung PKK kota Tanjungpinang, Rabu (9/10/2019).

Wakil Wali Kota, Hj. Rahma mengatakan pemilihan duta lingkungan hidup merupakan salah satu upaya kita untuk memunculkan sosok pribadi yang bisa berprilaku baik terhadap lingkungan hidup dan mencontohkannya kepada orang lain.

“Saya percaya anak-anak kita, mulai dari SD sampai perguruan tinggi bisa melakukannya sehingga bisa menjadi contoh serta panutan bagi orang lain,” ucap Wawako.

Dikatakan Rahma, banyak upaya yang telah dilakukan untuk menjaga kualitas lingkungan hidup, diantaranya dengan menerbitkan regulasi atau peraturan perundangan-undangan.

“Regulasi yang dibuat pemerintah pusat maupun daerah utamanya untuk mencegah serta melindungi lingkungan hidup dari kerusakan,” ucap dia.

Melalui kegiatan ini, lanjut Rahma, diharapkan muncul duta lingkungan hidup sebagai agen sosialisasi lingkungan hidup dalam upaya pelestarian lingkungan.

Kepada anak-anak peserta lomba, Rahma berpesan agar mengikuti lomba ini dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.

“Jangan jadikan hadiah sebagai motivasi, tetapi niatkan hati untuk menjadi corong pemerintah agar masyarakat menjadi peduli terhadap lingkungan”.

Untuk dewan juri, Rahma menegaskan untuk menilai peserta secara sportif, objektif dan adil, sehingga memunculkan sosok duta lingkungan yang menjadi representasi orang-orang atau tokoh-tokoh yang berprilaku baik terhadap lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang, Yuswandi melaporkan bahwa gelaran kegiatan ini dalam rangka pembinaan dan edukasi lingkungan hidup kepada masyarakat kota Tanjungpinang, utamanya generasi muda.

“Sasarannya adalah kalangan pelajar mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi yang ada di kota Tanjungpinang,” kata dia.

Ada beberapa tahap dalam pelaksanaan pemilihan duta lingkungan yang harus diikuti peserta, mulai dari thenical metting dan pembekalan, uji kemampuan, uji wawasan dan wawancara hingga uji pidato.

“Untuk tahap pertama dilaksanakan pada 10 s.d 11 Oktober di Gedung PKK, selanjutnya pada tahap kedua yaitu grand final dan pengumuman pemenang digelar (14/10) di TCC Mall Tanjungpinang,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan fashion show bertemakan cintai lingkungan hidup.

Turut hadir, Ketua DPD Forum Pengelola LKP (Lembaga Khurus dan Pelatihan) Provinsi Kepri, Silvia Hilda selaku narasumber, para OPD, siswa-siswi, mahasiswa, serta tamu undangan lainnya.
(Kom/red)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here