TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com —  Polres Tanjungpinang mendadak gelar razia kadar alkohol di Pelabuhan Sri Payung Km 06 Tanjungpinang, Senin (23/12/2019).

Razia ini fokus untuk mengecek kadar alkohol para pengemudi angkutan Barang dengan alat khusus bantuan Korlantas Mabes Polri.

Kasat Lantas Polres Tanjungpinang , AKP Anjar Yogota Widodo mengatakan,
Alat bernama Alkometer tersebut mampu mengecek kadar alkohol seseorang dalam hitungan detik.

“Razia ini bersifat mobile dan akan banyak titik yang kita datangi baik siang maupun malam,” kata Anjar kepada sijoritoday.com

Saat ditanya apabila ada sopir terbukti positif mengonsumsi alkohol, Anjar menjawab, pihaknya menindaklanjuti dengan tegas. Sebagai contoh, sebut Anjar, penilangan hingga mencabut Surat Izin Mengemudi (SIM)-nya.

”Jadi, otomatis sopir tidak boleh membawa kendaraan lagi,” tegasnya.

Menurut dia, sopir yang mengonsumsi alkohol rentan menyebabkan kecelakaan. Hal ini bisa membahayakan nyawa diri sendiri dan pengendara lainnya.

”Jadi kita ingin menyampaikan pesan agar para sopir ini harus dengan baik membawa kendaraan. Karena mereka membawa barang sehingga apabila terjadi kecelakaan akan berpengaruh bagi pengguna jalan lainnya,” katanya.

Selain itu, ia mengimbau para sopir untuk menciptakan situasi yang kondusif jelang Natal dan Tahun Baru.

”Tentunya aktifitas pengguna jalan raya akan meningkat. Dan kita harapkan para sopir ini bisa menjaga keamanan dan kenyamanan di jalan raya sehingga mencegah terjadinya laka lantas di kota Tanjungpinang,” tutupnya. (eb)

Editor: Taufik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here