NATUNA, SIJORITODAY.com – – Situasi keamanan di Laut Natuna Utara semakin memanas, 3 KRI, 1 pesawat intai maritim, dan 1 pesawat Boeing TNI AU disiagakan. Sedangkan dua KRI masih dalam perjalanan dari Jakarta menuju Natuna.

“Saat ini wilayah Natuna Utara menjadi perhatian bersama, sehingga operasi siaga tempur diarahkan ke Natuna Utara mulai 2020. Operasi tersebut merupakan salah satu dari 18 operasi yang akan dilaksanakan Kogabwilhan I di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya,” kata Panglima Komando Laksdya TNI Yudo Margono dalam rilisnya, Jumat (3/1).

Walau upaya mengusir kapal-kapal China tersebut dari sekitar zona eksklusif ekonomi (ZEE) Indonesia di Natuna sudah dilakukan. Namun, kapal-kapal China kembali memasuki dan mengambil ikan di landas kontinen Indonesia di sekitar Natuna.

Sebelum bertolak dari Landasan Udara TNI Halim Perdanakusumah, Yudo mengatakan operasi siaga tempur dilaksanakan Koarmada 1 dan Koopsau 1.

Yudo menyatakan operasi itu bakal digelar untuk melaksanakan pengendalian wilayah laut, khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Laut Natuna Utara. (*)

Editor: Taufik

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here