NATUNA, SIJORITODAY.com – – Polres Natuna gelar Apel gabungan dan Senam bersama dalam rangka Polri peduli penghijauan gerakan penanaman pohon, Jum’at (08/01/2019) pagi.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Mapolres Natuna ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK.

Kapolres Natuna mengatakan, program penanaman pohon mendukukung penghijauan (Go Green) adalah tindakan penyelamatan bumi dari potensi yang merusak lingkungan, seperti banyaknya produk yang tidak ramah lingkungan, bahan-bahan beracun dan pencemaran udara.

Dengan demikian Ia berharap penyelenggaraan Program Go Green dapat dijadikan sebagai ajang silaturrahmi dengan meningkatkan soliditas dan sinergitas TNI, Polri, Pemerintah Daerah, serta Stake Holder lainnya.

“Kepedulian kita pada lingkungan yang Asri, sehat dan sejuk merupakan tanggung jawab kita selaku insan Tuhan yang senantiasa mensyukuri nikmat dari sang pencipta,” ujarnya,” ucapnya.

Lanjut Nugroho, visi dan misi dari gerakan Go Green penanaman sejuta pohon dinilai perlu di glorakan ke generasi muda, instansi-instansi pemerintah dan swasta, lembaga-lembaga bahkan LSM.

“Oleh karenanya, beberapa prinsip baku /acuan dalam gerakan Go Green di seluruh dunia dan Prinsip ini dirangkum dalam symbol yakni 4R yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari guna meminimalisir Residu atau hasil akhir,” ungkapnya.

“4R tersebut yakni Reduce, Reuce, Recycle dan dengan cara Replace,” pungkas Nugroho.

Peserta Apel diikuti oleh 1 peleton setiap Instansi, diantaranya Kodim 0318/Natuna, Yon Komposit 1/GP, Lanal Ranai, Lanud Raden Sadjad Ranai, Pleton Personil Polres Natuna, Basarnas dan Satpol PP.

Usai pelaksanaan Apel, kegiatan dilanjutkan dengan senam bersama, Deklarasi Peduli Penghijauan dan Penanaman Bibit Tanaman.

Sedikitnya 8.000 bibit pohon hari ini ditanam, dengan rincian Yon Komposit I/GP 500 Bibit, Polres Natuna 2.000 Bibit, Satrad 212 500 Bibit, Lanal Ranai 500 Bibit, Kodim 0318/Natuna 500 Bibit, Basarnas Natuna 500 Bibit, Satpol PP Natuna 500 Bibit, Polsek Bunguran Timur 600 Bibit, Polsek Bunguran Barat 500 Bibit, Polsek Midai 300 Bibit, Polsek Serasan 300 Bibit, Polsek Pulau Laut, 300 Bibit, dan sejumlab Desa-Desa1000 Bibit.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut seperti Ketua DPRD Natuna Andes Putra, Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Tunggul, Dansatrad 212 Letkol Lek Bambang Suyono, Dandim 0318/Natuna Letkol (Czi) Ferry Kriswardana S.Sos, MTr (Han), Danyon Komposit I/Gardapati Letkol Inf. Rahmat, Kepala Basarnas Natuna Mexianus Bekabel Kepala Bandara Suroso, Ketua Bhayangkari Cabang Natuna Ny. Djuariah Nugroho, Kadishub Natuna Iskandar DJ, dan Kadis DLH Natuna Boy Wijanarko.

( Iwan )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here