KEPRI, SIJORITODAY.com — Polres Tanjungpinang dan jajarannya menanam 1300 bibit pohon di Lingkungan Asrama Polri. Sementara, di Karimun Polres setempat juga menanam 1241 bibit pohon. Gerakan yang sama diperintahkan secara serentak ke seluruh jajaran polisi di Indonesia di lokasi mereka masing-masing.

Polres Tanjungpinang, Kepulauan Riau menanam 1.300 bibit tanaman pohon berbuah dan tahan lama di lingkungan asrama Polri di kilometer 8, Jumat (10/1).

Penanaman pohon ini merupakan program Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang digelar serentak hingga ke satuan Polres seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini didukung penuh oleh forum koordinasi pimpinan daerah seperti Wali Kota, Camat, Lurah, TNI dan masyarakat,” kata Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal.

Menurut Iqbal, penanaman pohon merupakan salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup, tujuannya agar bumi dapat terhindar dari kerusakan alam maupun bencana.

Maka itu, dia mengimbau penanaman pohon seperti ini harus digalakkan sejak dini oleh berbagai pihak terkait, tak terkecuali masyarakat.

Sedangkan di Kabupaten Karimun, penanaman serupa juga dilaksanakan oleh Polres setempat. Kegiatan penanaman 1.241 batang bibit pohon, dipusatkan di Mapolsek Tebing Karimun, Jumat ( 10/1/2020, pagi tadi.

Turut hadir, Bupati Karimun H. Aunur Rafiq, Sekdakab Karimun H.M. Firmansyah, Ketua DPRD Karimun M.Yusuf Sirat, Dandim 0317, Danlanal TBK dan Utusan instansi vertikal lainnya serta organisasi Himpunan Melayu Raya.

Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, S.IK menyampaikan, kegiatan penanaman pohon yang dilakukan hari ini dalam rangka menjalankan program Bapak Kapolri yang disejalankan dengan hari peringatan lingkungan seduania.

“Penanaman bibit pohon hari ini kita laksanakan secara serentak disemua jajaran Polsek wilayah hukum Polres Karimun,” sebut Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur.

Dikatakannya, bibit pohon yang ditanam sebanyak 1.241 batang, penanamannya tersebar disemua jajaran Polsek wilayah Polres Karimun. Untuk Polsek Tanjung Balai Karimun menanam sebanyak 50 batang, Polsek Meral 210 batang, Polsek Tebing 36 batang, Polsek Buru 50 batang, Polsek Moro 50 batang, Polsek Kundur 56 batang, Polsek Kuba 40 batang, Polsek KKP 30 batang. Dan untuk Polres Karimun sendiri menanam sebanyak 750 batang.

Untuk jenis bibit pohon yang ditanam, sambung Kapolres mengatakan, jenis bibit pohon yang kita tanam adalah jenis pohon pucuk merah, jambu, mahoni, bintaro, nangka, matoa, klengkeng, durian, alpukat, mangga, rambutan, sirsak, kelapa, dondong dan jeruk.

Ditempat yang sama, Bupati Karimun H. Aunur Rafiq memberikan apresiasi bagi polisi.

Bupati Karimun juga berharap, penanaman pohon upaya melakukan penghijauan dan agar dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Karimun. (Mn/Sun/Ria)

Editor: Taufik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here