ANAMBAS, SIJORITODAY.com – – Rencana sosialisasi PT Kartika Jemaja Jaya (KJJ) bersama masyarakat Jemaja di Pulau itu gagal dilaksanakan akibat ratusan masyarakat Jemaja menyatakan sikap untuk tidak mendukung perusahaan tersebut beroperasi di Pulau Jemaja, Senin (20/1/2020).

Ratusan masyarakat berkumpul di alun-alun halaman Kantor Camat Jemaja Timur dengan disertai tulisan di kertas putih yang bertuliskan menolak terhadap PT KJJ di pulau Jemaja.

Dalam kesempatan itu hadir juga Bupati Anambas, Wakapolres Anambas, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri, Kepala Satpol PP Anambas serta pihak perwakilan perusahaan PT KJJ.

Belum sempat gelar kegiatan sosialisasi dihalaman kantor Camat Jemaja Timur, masyarakat bersorak sebagai aksi penolakan perusahaan Kartika Jemaja Jaya sehingga apa yang disampaikan dari Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri, Nilwan tidak tersalurkan dengan semestinya kapada masyarakat.

Nilwan mengaku kedatangannya ke Pulau Jemaja ingin mengetahui secara langsung pendapat masyarakat tentang permohonan IPK dari PT KJJ ke pihaknya.

Oleh sebab itu, menurutnya perlu dilakukan sosialisasi. Ia pun meminta masyarakat yang hadir untuk mendengar penjelasan dari rencana kegiatan pihak perusahaan tersebut.

“Kita dengarkan dulu apa penjelasan dari pihak manajemen PT KJJ tentang rencana kegiatan dan perlu diketahui manejemen PT KJJ sudah berubah struktur,” kata Nilwan saat menyampaikan pidato di hadapan ratusan masyarakat Jemaja.

Belum semua tersampaikan pidatonya, ratusan masyarakat bersorak dan berteriak dan bersisih keras pada prinsipnya tetap menolak dan tidak ada negosiasi atas PT KJJ.

Dengan melihat kondisi yang tidak kondusif dan berpotensi menimbulkan konflik, Wakapolres Anambas, Kompol Rafizar Amin langsung ambil alih untuk menghentikan kegiatan tersebut dan diminta seluruh masyarakat yang hadir dapat membubarkan diri.

“Dengan ini kegiatan dihentikan dulu dan itu demi kenyamanan dan keamanan. Saya harapakan semua masyarakat untuk membubarkan diri,” kata Wakapolres Anambas dihadapan masyarakat.

Kemudian Wakapolres, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri, Bupati Anambas dan rombongan serta Perwakilan PT. KJJ juga meninggalkan Kantor Camat Jemaja Timur menggunakan mobil. (Hari)

Editor: Akok

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here