Foto : Pen Lanudal Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com– – Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Danlanudal) Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M.Tr. Hanla. berkesempatan menjadi narasumber bidang Ketarunaan Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris dan Bahasa Asing serta Pengembangan Karakter Industri dan Wirausaha Siswa, pada program keahlian 4 tahun (dual system) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (23/1).

Mengawali kegiatan Kepala SMK Negeri 3 Tanjungpinang Jumadi, S.Pd., dalam sambutan yang disampaikan mengapresiasi  Danlanudal Tanjungpinang yang telah berkenan hadir sebagai narasumber bidang Ketarunaan terkait dengan program pemerintah akan menerapkan pendidikan SMK Negeri 3 Tanjungpinang dari 3 tahun menjadi 4 tahun.

“Diharapkan dengan penyampaian materi ketarunaan oleh Komandan Lanudal Tanjungpinang, dapat membantu para guru-guru SMK Negeri 3 Tanjungpinang dalam penyusunan konsep program sekolah selama 1 tahun untuk menyiapkan para siswa yang mampu bersaing di dunia kerja,” ungkap Jumadi.

Sementara itu, Danlanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M.Tr. Hanla menyampaikan bahwa, ketarunaan merupakan suatu pendidikan yang menerapkan sistem-sistem pendidikan dengan prinsip militer yang bertujuan membentuk karakter peserta didik, akan tetapi penerapan prinsip bukanlah prinsip murni militer.

“Prinsip yang diterapkan bukanlah militer murni akan tetapi dasar taruna (kegiatan pelatihan-pelatihan) yang digunakan dalam militer. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter kedisiplinan dan kepribadian yang baik pada peserta didik agar mampu mencegah dan mengatasi penyimpangan pada kepribadian anak sehingga anak dapat berkembang dengan baik,” tegas Danlanudal Tanjungpinang.

Foto : Pen Lanudal Tanjungpinang

Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M.Tr. Hanla berharap yang disampaikan dapat menjadi sumbangsih dan kontribusi Lanudal Tanjungpinang dalam penyusunan konsep program revitalisasi SMK Negeri 3 Tanjungpinang yang akan menerapkan pendidikan 4 tahun.

Dengan demikian dapat  menghasilkan peserta didik yang memiliki banyak keunggulan skill juga memiliki karakter dengan kepribadian sesuai kaidah moral yang merupakan pondasi utama dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.  (red)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here