Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – –¬†Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tidak melarang warga di daerah itu berpergian ke negara terjangkit virus corona seperti Singapura.

“Silahkan, kami tak melarang, sepanjang bisa jaga kesehatan dan kebersihan diri maupun lingkungan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana, Selasa (28/1).

Tjetjep menyampaikan Singapura dinyatakan sebagai negara terjangkit karena pemerintah setempat mengklaim sudah ada tiga pasien terpapar corona.

Kendati demikian, kata dia, penyebaran virus asal Wuhan, China itu tertangkap di pintu kedatangan bandara, tak sampai menyebar ke tengah-tengah masyarakat.

“Jadi tak perlu khawatir, karena peluang penularan virus itu melalui tempat umum disinyalir rendah,” sebut Tjetjep.

Tjetjep justru mengimbau agar masyarakat Kepri tidak berpergian ke China apalagi Wuhan.

Imbauan ini, lanjutnya, sebagai langkah antisipasi mencegah penularan virus mematikan tersebut.

“Apalagi saya dengar sekarang kalau ke China, tak lagi ke Wuhan. Kalau mau ke Wuhan, ke negara bagian lainnya dulu,” tuturnya.

Dia menegaskan Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) terkait sejauh ini sudah bekerja optimal guna mencegah masuknya penyakit corona.

Di berbagai pintu masuk kedatangan seperti pelabuhan dan bandara sudah diaktifkan “thermal scanner” untuk mendeteksi suhu tubuh wisman khususnya China yang terindikasi corona.

“Kalau suhu derajat wisman itu di atas 38 derajat celcius, maka akan kami tahan dan dirujuk ke rumah sakit terdekat. Karena dikhawatirkan alami gejala corona,” jelas Tjetjep.

Lebih lanjut, dia menyebut setidaknya ada 18 rumah sakit di wilayah Kepri, bahkan empat di antaranya ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan oleh Kemenkes untuk menangani apabila ditemukan “suspect” atau orang yang dicurigai terkena corona.

“18 rumah sakit ini sudah siap secara peralatan, SDM, pola tata laksana kasus, hingga alat pelindung diri buat mengantisipasi kasus corona,” tegas Tjetjep. (Mn)

Editor: Taufik

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here