TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Dalam rangka mengantisipasi dan menanggulangi bencana di Kota Tanjungpinang, Polres Tanjungpinang menggelar Pelatihan Aman Nusa II bertempat di Rupatama Polres Tanjungpinang, Senin (10/2/2020).

Pelatihan ini dipimpin oleh Wakapolres Tanjungpinang Kompol Agung Gima Sunarya, SIK didampingi Kabag Ops Kompol Very Edulfandria Nor dan Kasat Sabhara AKP Darmin, S. Sos selaku instruktur.

Pelatihan ini diikuti oleh Personel Polres Tanjungpinang.

Wakapolres Tanjungpinang, Agung Gima Sunarya, S.I.K dalam arahannya menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi setiap Personel.

“Apabila terjadi bencana dengan bekal pengetahuan ini dapat diaplikasikan dan masing – masing satuan fungsi mengerti akan tugasnya maka ini sangat bermanfaat bagi personel yang hadiri disini,” ucapnya.

Lebih lanjut Kasat Sabhara memaparkan tentang pelaksanaan kordinasi dalam penanggulangan bencana dengan instansi terkait yaitu melibatkan Basarnas / Basarda juga BNPB / BPBD dan pihak kesehatan.

“Kita Melakukan koordinasi untuk langkah-langkah siaga darurat, tanggap darurat bencana dan pasca bencana serta melakukan pengamanan terhadap daerah bencana, pengungsian dan antisipasi gangguan,” ucapnya.

Pelatihan ini juga desertai teori simulasi jika terjadi bencana yang mana langkah-langkah yang diambilnya:

1) Menghubungi anggota untuk berkumpul di Mako.
2) Anggota yang sedang melaksanakan patroli agar menuju ke tempat terjadinya bencana.
3) Menyiapkan peralatan SAR terbatas
4) Menyiapkan kendaraan baik untuk penanggulangan bencana maupun kendaraan evakuasi.
5) Menurunkan armada Ambulance
6) Berkordinasi dengan instansi terkait.
7) Menyiapkan penambahan kekuatan antisipasi dampak luas bencana. (Hum)

Editor: Ilham

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here