TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Wabah virus corona asal Wuhan, China yang merebak di Malaysia dan Singapura menyebabkan aktivitas Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang sepi penumpang dari luar negeri.

Kepala Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Irwanto Suhaili mengakui kapal penumpang dari Malaysia dan Singapura yang biasanya mengangkut 70 orang per trip. Kini hanya mengangkut 14 sampai 20 penumpang per trip.

“Kami akui virus corona berdampak besar pada penurunan kedatangan wisman dari Malaysia maupun Singapura di Tanjungpinang,” kata Irwanto.

Disinggung mengenai apakah ada wisman Tiongkok yang masih masuk ke Tanjungpinang. Irwanto menyatakan pasca virus corona, tak ada lagi wisman dari negeri tirai bambu itu datang ke Tanjungpinang.

Salah satu penyebab, kata dia, Pemerintah China telah melarang warganya berpergian keluar negeri guna mencegah penularan virus mematikan tersebut.

“Jadi bukan dilarang atau ditolak, memang turis China tak ada yang datang lagi kemari,” tegasnya.

Irwanto berharap masalah virus corona ini cepat selesai dan teratasi, sehingga tingkat kunjungan wisman ke Tanjungpinang kwmbali normal seperti sediakala.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat setempat  yang ingin berpergian ke Malaysia dan Singapura tidak sanksi lagi dengan kondisi saat ini.

“Sekarang ini masyarakat takut mau ke Malaysia dan Singpura, mereka khawatir terpapar virus corona, apalagi dua negara jiran itu sudah mengklaim beberapa kasus positif corona,” tuturnya.

Irwanto turut menegaskan bahwa sampai saat ini Indonesia, khususnya Tanjungpinang aman dari virus corona. Menurutnya, kondisi ini seharusnya tak perlu menjadi momok bagi warga tempatan apalagi wisatawan asing. (Mn)

Editor: Taufik

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here